Pantes Gula Darah Naik, 4 Buah Ini Gak Boleh Dikonsumsi Orang Diabetes

cegah diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penderita diabetes harus menjaga asupan makan agar gula darahnya tetap terkontrol. Untuk itu, ada sejumlah makanan yang boleh dan dilarang untuk dikonsumsi bagi para penyandang diabetes. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Khususnya buah-buahan, meski memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Ternyata ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, karena dapat menaikkan kadar gula darah. Lalu, buah apa saja yang dimaksud? 

Spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, M.S, SpGK(K), menjelaskan, ada beberapa buah yang konsumsinya harus dibatasi, terutama bagi mereka yang menderita diabetes. Buah seperti apa? 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Buah yang terlalu manis, contohnya pisang. Pisang memang tidak terlalu manis, tapi glycemic load-nya (kandungan karbohidrat dalam buah) cukup besar, itu mesti diitung," ujar dokter Ida dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Selasa 22 Juni 2021. 

Selain pisang, Ida menyebutkan, ada beberapa buah lain yang juga mengandung glycemic load cukup besar. Sehingga, harus dihindari juga oleh para penderita diabetes. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Yaitu lengkeng, leci, sawo, mangga juga sama. Tapi mangga itu kita masih izinkan kira-kira separuhnya. Pastinya bukan mangga yang ukurannya gede banget, ada takarannnya," kata dia. 

Meski banyak orang yang mengira bahwa durian tidak boleh dikosumsi penyandang diabetes. Tapi Ida mengatakan, buah tersebut masih boleh dikonsumsi, asal perhatikan jumlahnya. 

"Durian masih boleh. Tapi bukan satu bulatan durian. Kalau durian montong, kita boleh izinkan satu siung untuk satu hari," tutur dia. 

Buah-buahan yang terlalu manis memang tidak baik bagi penderita diabetes, tapi bukan berarti mereka tidak boleh mengonsumsi buah sama sekali. Beberapa buah seperti apel, pir, buah naga dan stroberi, ternyata dapat membantu menurunkan gula darah lho. Seperti apa aturannya? 

"Tapi ingat kembali lagi pada 3J (jumlah, jenis, jadwal). Jumlah jangan lupa. Buah itu biasanya tergantung dari jenis buahnya. Contoh, apel satu porsi makan kira-kira 85 gram (apel kecil)," kata dia. 

Nah, untuk konsumsi makanan dalam satu porsi, berikut aturan yang direkomendasikan oleh dokter Ida Gunawan. 

"Jadi nanti kalau makan, misalnya nasi satu porsi. Kemudian ada lauknya misalkan ikan sepotong, kemudian dikasih sayur. Abis itu tambah buah satu. Kemudian kita harus pilih, mau nasi atau ubi. Gak boleh dobel. Ini bagus sekali untuk membantu mengendalikan gula darah," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya