Air Hangat Ditambah Kayu Manis Bisa Turunkan Gula Darah?

Ilustrasi kayu manis.
Sumber :
  • pixabay/gokalpicsan

VIVA – Konsumsi makanan atau minuman tertentu memang dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Termasuk kayu manis, yang disebut sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Bukan Pegal Biasa, Nyeri Punggung Bisa Jadi Pertanda Penyakit yang Lebih Serius

Berkaitan dengan itu, banyak fakta dan mitos yang beredar di masyarakat. Salah satunya banyak yang menyebut mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan bubuk kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah. Benarkah demikian? 

Spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, M.S, SpGK(K), menjelaskan, prinsipnya dalam penurunan dan pengendalian gula darah pada pasien diabetes, terdapat 4 pilar. 

Berisiko Diabetes Hingga Jantung, Kenali Tanda Awal Anak Terkena Obesitas

"Yang pertama adalah diet, kedua aktivitas fisik. Jadi kalo makannya bagus orangnya hanya duduk saja, gak melakukan aktivitas, itu juga gak terlalu bermanfaat," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Selasa 22 Juni 2021. 

Dokter Ida menambahkan, pilar ketiga adalah obat-obatan. Dia menyarankan untuk para penderita diabetes, rutin mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. 

Agar Gula Darah Tak Melonjak, Begini Trik Masak Nasi ala Zaidul Akbar

"Kalau dikasih dokter obat, itu dipakai, jangan jadi dokter sendiri. Banyak masyarakat yang merasa takut kalo pake obat lama nanti ginjalnya rusak, livernya rusak. Kalau sudah diberikan oleh dokter, artinya itu yang sudah terbaik, monggo digunakan. Yang keempat, jangan lupa ikuti edukasi tentang diabetes," kata Ida. 

Kembali lagi pada pilar pertama yaitu diet. Menurut Ida, pada prinsipnya diet harus dijalankan dengan gizi yang seimbang. Seperti apa contohnya? 

"Jadi harus ada karbohidrat, protein, lalu ada sayurannya, seratnya, vitamin dan mineral. Dan sering sekali dalam penelitian salah satunya adalah kayu manis. Berarti ini fakta," ungkap dia. 

Ida membenarkan mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan bubuk kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tapi, ada satu hal yang harus diingat. 

"Tapi harus diingat, kayu manis ini manfaatnya membantu selama 4 pilar itu dijalankan dengan baik. Kalau tidak dijalankan, Anda hanya mengandalkan si kayu manis saja, pastinya tidak akan berhasil dengan baik," kata Ida.

Untuk aturan pakainya, menurut Ida, minuman kayu manis tersebut bisa dikonsumsi 1-2 kali sehari. 

"Tapi harus digunakan rutin, karena ini adalah bagian dari herbal atau bumbu dapur yang digunakan. Dia (kayu manis) membantu, tapi kalau sebagai obat penelitiannya memang masih belum ada. Tapi pada penelitian in vitro, dia memang bagus sekali untuk ikut menurunkan gula darah," ujar dr. Ida Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya