Ada Vaksinasi COVID-19 Gratis untuk Masyarakat, Catat Tanggalnya

Salah satu penyandang disabilitas yang mengikuti vaksinasi massal di Mapolsek Cilandak.
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Mulai 23 - 25 dan 28 Juni 2021, masyarakat dapat mengikuti vaksinasi COVID-19 secara gratis. Vaksinasi yang menargetkan 4800 dosis vaksin kepada masyakarat umum ini diselenggarakan di SD Fransiskus 3, Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Direktur PT Kalbe Farma Tbk., Mulia Lie, mengatakan bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendiri untuk mengatasi COVID-19, sehingga butuh bantuan dari berbagai pihak. 

"Pihak swasta perlu membantu secara penuh agar program vaksinasi pemerintah dapat mencapai target 1 juta vaksin per hari, sehingga dapat memunculkan herd immunity di masyarakat," ujar Mulia Lie dalam keterangannya, Rabu 23 Juni 2021. 

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

Sementara itu, GM Corporate HRGA PT Kalbe Farma Tbk, Jessyca Santosa, selaku Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi COVID-19 Kalbe, menjelaskan, 4800 dosis vaksin tersebut, nantinya akan diberikan dalam 2 tahap. 

"Per harinya kami targetkan ada 600 orang penerima vaksin,” ujar dia. 

DMI Gelar Muktamar ke-VIII, Ini Tiga Agenda Penting yang Dibahas

Nah, bagi masyarakat yang ingin mendaftar vaksinasi gratis ini, mereka diwajibkan untuk membuat janji via aplikasi KlikDokter dan mengisi profil diri peserta secara lengkap di menu data diri peserta. Juga, peserta wajib datang minimal 30 menit sebelum jadwal yang telah terdaftar.

Pendaftaran

Selain itu, peserta wajib membawa KTP/Surat Keterangan Domisili saat datang dan menunjukan bukti buat janji (kode booking). Peserta juga dapat melakukan pendaftaran langsung di tempat (walk in) pada hari tersebut. 

Peserta vaksin harus berusia 18 tahun + 1 pada saat vaksin dilakukan. Pelaksanaan program vaksinasi ini dapat dilakukan dengan mengakses link http://bit.ly/kd-vaksin-pulogadung, kemudian memilih tanggal vaksinasi, mengisi alamat email, mengisi data diri, memilih jam kedatangan untuk vaksinasi, lalu submit. 

Setelah data di-submit, maka KlikDokter akan mengonfirmasi peserta, menginfokan tanggal kedatangan peserta dan mengonfirmasi kedatangan peserta vaksin melalui email atau WhatsApp. 

Setelah tahap vaksinasi pertama selesai, pihak KlikDokter tetap akan mengingatkan untuk vaksin kedua melalui WhatsApp dan push notifikasi lewat aplikasi KlikDokter.

Bagi masyarakat yang memiliki KTP non DKI akan tetapi berdomisili di Jakarta, bisa mengikuti program vaksinasi ini dengan membawa surat keterangan domisili dari pihak pengurus warga setempat, yaitu RT dan RW atau surat keterangan kerja yang menyatakan bahwa peserta tersebut benar berdomisili di wilayah atau alamat yang ditempati saat ini. 

Pada surat domisili dapat dilengkapi dengan cap basah resmi dengan masa surat yang masih berlaku. Adapun peserta vaksin yang bisa mengikuti Program Vaksinasi COVID-19 ini, harus memenuhi syarat sebagai berikut: 

1. Usia 18 -59 tahun.

2. Membawa KTP/Surat Keterangan Kerja/Domisili di Jakarta (bagi pemilik KTP non Jakarta)

3. Dalam kondisi sehat, tidak batuk/pilek/ demam/sesak napas dalam tujuh hari terakhir.

4. Jika calon penerima merupakan penyintas COVID-19, diperbolehkan mengikuti vaksinasi minimal 3 bulan setelah dinyatakan negatif.

5. Calon penerima tidak sedang menderita penyakit jantung/liver/ginjal kronis atau melakukan prosedur cuci darah.

6. Tidak dalam proses pengobatan kanker/gangguan pembekuan darah/pengobatan defisiensi imun/sedang transfusi darah.

7. Calon penerima berkondisi atau punya riwayat penyakit epilepsi/diabetes melitus/HIV/penyakit paru (asma, PPOK) dalam keadaan terkontrol.

8. Tidak menerima vaksinasi lain dalam kurun waktu sebulan terakhir.

9. Pemeriksaan kesehatan final akan dilakukan di lokasi vaksinasi oleh tenaga kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya