Swab Test Whole Genome Sequencing Mampu Deteksi Varian Baru COVID-19

Ilustrasi swab test.
Sumber :
  • Pixabay/HVesna

VIVA – Varian baru COVID-19 kini menjadi kekhawatiran baru masyarakat Indonesia menyusul semakin melonjaknya angka kasus positif di Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Varian Delta yang diketahui merupakan mutasi virus corona dari India, disebut memiliki tingkat penularan yang lebih cepat. Tak hanya itu, gejala yang ditimbulkan juga lebih mudah menjadi parah.

Menurut data, ditemukan 154 kasus mutasi virus SARS-CoV-2 yang tergolong variant of concern, serta pergerakan aktivitas masyarakat yang berkontribusi pada lonjakan kasus di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa masalah pandemi COVID-19 ialah masalah kesehatan masyarakat yang hanya bisa diselesaikan secara bersama-sama. Karena, semakin banyak yang dites maka semakin banyak data yang didapat untuk kita bisa menyusun strategi dalam memerangi pandemi COVID-19 ini.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Maka dari itu, GSI (Genomik Solidaritas Indonesia) Lab bersama dengan Sintesa Group berkolaborasi bersama meluncurkan Drive Thru Swab Test GSI Lab Sintesa Kuningan di Kuningan, Jakarta Selatan, pada tanggal 24 Juni 2021. Drive Thru Swab Test yang mudah dijangkau ini menyediakan layanan lengkap seperti PCR swab test, tes antigen dan antibodi dengan hasil yang cepat dan akurat dengan harga terjangkau.

“GSI lab sebagai kewirausahaan sosial dengan high-throughput lab berkapasitas besar sangat antusias bisa berkolaborasi bersama dengan Sintesa Group. Karena untuk mengakhiri pandemi ini kami tidak bisa sendiri, harus bersama-sama dan memiliki rasa solidaritas untuk menyediakan dan membuka akses testing yang aman, mudah dan luas,” ujar dr. Nino Susanto selaku CEO GSI Lab saat pembukaan Drive Thru Swab Test GSI Lab Sintesa Kuningan, Kamis 24 Juni 2021.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Tidak hanya memiliki kapasitas besar dan cepat, GSI Lab juga terus melakukan pengembangan dan kini sudah bisa memfasilitasi pemeriksaan Whole Genome Sequencing yang mampu mendeteksi varian baru COVID-19. Terbukti, GSI Lab sendiri telah berkontribusi dalam penemuan varian lain COVID-19 di Indonesia, seperti penemuan varian Alpha (varian B117 yang berasal dari Inggris) dan Delta (varian B1617 yang berasal dari India).

Dalam peluncuran Drive Thru Swab Test ini dibagikan tes PCR gratis bagi ojek online dan pedagang kaki lima di kawasan Kuningan dalam program sosial #SwabAndSaveIndonesia, sebagai bentuk kepedulian akan percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Photo :
  • Ist.

Bagi Sintesa Group, kolaborasi dan sinergi ini menjadi wujud nyata kontribusi dan komitmen perusahaan yang telah menempuh perjalanan 100 tahun sejak pertama didirikan, untuk target pencapaian Sustainable Development Goals di sektor kesehatan melalui business model Sintesa Health.

“Sebagai perusahaan yang memiliki visi Sustainable Excellence company, Sintesa Group berkomitmen melakukan pengembangan usaha dan ekspansi bisnis yang selaras dengan target dan tujuan global Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk itu, pandemi COVID-19 yang masih belum usai, mendorong kami untuk berkontribusi dalam upaya penanganan COVID-19 dengan bersinergi dengan GSI Lab meluncurkan layanan tes COVID-19 secara lengkap, terjangkau dan mudah diakses. Ini sesuai dengan komitmen perusahaan kami terhadap Goals 3 SDGs: Good Health and Well Being," ujar Shinta Widjaja Kamdani selaku CEO Sintesa Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya