COVID-19 Meningkat, Berapa Ketersediaan Tempat Tidur di Indonesia

Ilustrasi Pasien COVID-19
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyebut ketersediaan tempat tidur untuk merawat pasien COVID-19 masih aman. Dari total tempat tidur di Indonesia yakni 389 ribu tempat tidur, sebanyak 30 persen dialokasikan untuk merawat pasien COVID-19.

"Saya pernah bilang di awal tahun 30 persen dialokasikan ke COVID-19 jadi 130 ribu tempat tidur," kata Menkes dalam virtual conference, Jumat 25 Juni 2021.

Dari 130 ribu yang dialokasikan untuk merawat pasien COVID-19 saat ini sudah bisa digunakan sebanyak 85 ribu. Dari 85 ribu tersebut, diketahui sudah 60 ribu yang terisi.

"Untuk tempat tidur yang ada di Indonesia jumlah tempat tidur isolasi ada sekitar 85 ribu. Sudah terisi sekarang naik ke 60 ribu, jadi kita masih ada room 25 ribu lagi dengan kondisi sekarang," kata Menkes.

Jumlah ini, kata Menkes belum termasuk dengan tiga rumah sakit pemerintah di DKI Jakarta yang sebagai rumah sakit khusus untuk mengisolasi pasien COVID-19, yakni RS Persahabatan, RS Fatmawati dan RS Sulianti Saroso.

"Tapi dengan adanya ini belum memperhitungkan konversi yang tadi IGD dan belum menambahkan konversi 3 rumah sakit (RS Persahabatan, RS Fatmawati dan RS Sulianti Saroso). Kita baru konversi 85 ribu terisi 60 ribu masih punya room sampai 130 ribu," tutur Menkes Budi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024