Di Sini Bisa Cek Ketersediaan Kamar untuk Pasien COVID-19

Vaksin Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kasus COVID-19 di tanah air kembali meningkat. Tercatat hingga hari Jumat 25 Juni 2021, ada penambahan 18.872 kasus COVID-19 di Indonesia. Sehingga ada total 2.072.867 kasus COVID-19 di Indonesia.

Meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia selama beberapa hari terakhir membuat sejumlah rumah sakit termasuk di DKI Jakarta hampir penuh. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, saat ini Pemprov DKI terus berupaya menambah kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19. Semula 103 menjadi 140 rumah sakit dari total 193 rumah sakit di Jakarta.

"Dari 32 RSUD ada 13 yang menjadi RS khusus COVID-19, seperti RSUD Kramat Jati ini. Lalu 19 RSUD lainnya 60 persen kapasitas itu disiapkan untuk COVID-19, 40 persen untuk penyakit lain," tuturnya.

Di isi lain, untuk mempermudah akses informasi mengenai ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, masyarakat bisa mengakses informasi tersebut melalui SIRNAP V 2.0 atau Sistem Informasi Rawat Inap Versi 2.0 di laman yankes.kemkes.go.id/app/siranap/.

Website tersebut memuat informasi mengenai ketersediaan tempat tidur untuk pasien COVID-19 di rumah sakit dan informasi mengenai ketersediaan tempat tidur untuk pasien non COVID-19 di rumah sakit.

Nantinya masyarakat bisa mencari tau dan tinggal memasukkan lokasi atau daerah tempat tinggal mereka. Dari situ, masyarakat bisa melihat lokasi, nomor telepon dan jumlah tempat tidur kosong isolasi tanpa tekanan negatif dan IGD Khusus COVID-19.

Di sisi lain, pada Jumat 25 Juni 2021 kemarin,  Menteri Kesehatan, Budi Gunadi bersama dengan Gubernur DKI Jakarta telah menambah dua tempat isolasi baru yang berlokasi di Pasar Rumput dan Nagrek Jakarta Utara.

"Wisma atlet yang tadi ada sekitar 5.994 kita naikkan sampai ke level 7.000 namun karena kasus covid naik terus itu semakin hari semakin penuh. Jadi kita sudah menambah 2 tempat isolasi baru, yaitu di Pasar Rumput dan Nagrak," kata Menkes dalam virtual press conference, Jumat 25 Juni 2021.

Dijelaskan oleh Menkes, Rusun Nagrak Jakarta Utara diketahui memiliki 4 tower yang dapat menampung hingga 4 ribu orang. Sedangkan Rusun di Pasar Rumput diketahui dapat menampung 3 ribu pasien, sehingga total ada 7 ribu tempat tidur isolasi tambahan.
 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024