Gejala Umum COVID-19 pada Anak-anak di Indonesia

Anak dan covid-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Baru-baru ini, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman menerbitkan  1 jurnal di Journal of Clinical Virology Plus, dengan judul Characteristics of children with confirmed SARS-CoV-2 infection in Indonesia. Tim yang terdiri dari Profesor Amin Soebandrio, Dr. Safarina Mali, dr. Myint, Tina Kusumaningrum, Frilasita Yudha Putri dan Sukma Oktavianthi meneliti anak-anak di Indonesia yang tepapar COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Studi ini melibatkan 1.973 sampel anak-anak dengan usia kurang dari 18 tahun yang diteliti dari bulan Maret hingga November 2020. Dari sampel tersebut sebanyak 208 pasien positif terinfeksi COVID-19. 

Dari jumlah positif tersebut hanya 140 pasien atau sekitar 68 persen yang tidak memiliki gejala atau asimptomatis. Sedangkan 32,7 persen pasien positif COVID-19 memiliki gejala.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dari 32,7 persen pasien yang menunjukkan gejala, ada tiga gejala yang paling banyak dilaporkan pada pasien anak-anak. Sebanyak 57,4 persen dilaporkan batuk, 39,7 persen dilaporkan kelelahan, dan 36,8 persen yang mengalami demam. 

"Hanya 15 persen anak-anak yang mempunyai gejala sesak nafas, gejala COVID-19 yang paling sering dilaporkan pada pasien dewasa," bunyi laporan tersebut.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sedangkan pneumonia yang dikonfirmasi oleh X-Ray lebih banyak ditemukan pada kelompok usia 1-5 tahun yakni sebesar 77 persen. Dan usia 6 hingga 10 tahun sebesar 66,7 persen. 

"Publikasi ini menunjukkan bahwa mayoritas anak-anak yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 tidak mempunyai gejala atau hanya mempunyai gejala ringan. Akan tetapi, anak-anak positif COVID-19 mempunyai peran yang sangat besar pada transmisi virus SARS-CoV-2 di suatu populasi," bunyi laporan tersebut. 

Dari data kasus COVID-19 di Indonesia diketahui 12,6 persen anak-anak di Indonesia diketahui positif COVID-19. Ini berarti sekitar 1 dari 8 kasus Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi merupakan pasien anak-anak.

Dari jumlah tersebut, 2,9 persen terjadi pada anak usia 0-5 tahun. Sedangkan 9,7 persen menimpa anak usia 6-18 tahun. Itu artinya dari dua juta kasus COVID-19 di Indonesia saat ini, ada sekitar 250 ribu anak yang terjangkit COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya