Air Beras Hingga Kulit Jeruk, Ini 7 Cara Hilangkan Kulit Belang

Kulit wajah belang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berada di bagian terluar tubuh manusia, kulit seringkali belang karena terpapar sinar matahari. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan perbedaan warna kulit yang mencolok di salah satu bagian kulit.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Jika ini terjadi padamu, tentu masalah kulit belang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, agar percaya dirimu kembali meningkat, beberapa bahan alami bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan ini. Apa saja? Berikut di antaranya. 

Kulit jeruk

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Photo :
  • Freepik/freepik

Setelah makan jeruk, jangan langsung membuang kulitnya. Siapa sangka, kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk membuat warna kulit terlihat lebih merata.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Caranya, keringkan dan haluskan kulit jeruk menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan dua sendok teh bubuk tersebut dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh gula merah. Balurkan ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Kandungan vitamin E dari kulit jeruk akan membantu meratakan warna kulit.

Lulur bengkoang

Bengkoang mengandung nutrisi berlimpah, termasuk vitamin. Inilah sebabnya, bengkoang banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan kulit. Cukup beralasan, karena buahini mampu memutihkan warna kulit yang tidak merata.

Ambil air bengkoang dengan cara memarut dan memerasnya. Setelah cairan terkumpul, biarkan selama satu malam agar mengendap. Selanjutnya, gunakan endapan tersebut sebagai lulur di daerah kulit yang belang. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan yogurt varian plain dan garam. Tertarik mencoba? 

Gel lidah buaya

Photo :
  • vstory

Lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, terutama untuk wajah. Bahkan, bahan alami ini sudah banyak digunakan oleh produsen produk kecantikan. Tak hanya bermanfaat untuk wajah, lidah buaya ampuh menghilangkan masalah warna kulit yang tidak merata. 

Cukup oleskan gel lidah buaya dan membiarkannya selama 15-20 menit. Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk meringankan efek perih karena sengatan sinar matahari dan melembapkan kulit. 

Air beras

Zaman dulu, para orangtua rajin menggunakan air beras untuk mencuci wajah. Konon, jika dilakukan secara rutin, kulit wajah bisa sehat dan cerah lho. 

Nah, ternyata air beras juga bisa membantu kamu meratakan kulit yang belang. Air bekas cucian beras diketahui mengandung asam ferulic dan allantoin, yang mampu melindungi dan memutihkan kulit. Agar kulit terbebas dari belang, endapkan air beras dan gunakan sebagai lulur.

Masker putih telur

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu, masker putih telur juga mampu mengembalikan warna kulit yang tidak merata? Putih telur mengandung protein yang mampu merangsang regenerasi kulit. Sel kulit lama pun akan mengelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru.

Untuk membuat masker putih telur, pertama-tama pisahkan putih dan kuning telur. Setelah itu, kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan madu serta jeruk nipis. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Nah, untuk mengetahui dua cara lainnya, yaitu menggunakan kunyit dan masker mentimun, silakan klik tautan ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya