VIDEO: Tips Berjemur yang Tepat untuk Menangkal Virus COVID-19

Ilustrasi terkena sinar matahari.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Belakangan ini, berjemur menjadi tren dalam melawan virus corona atau COVID-19. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini sangat mudah menular melalui kontak langsung.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Bagi seseorang yang memiliki sistem imunitas yang rendah, mereka akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terpapar virus. Dengan memiliki sistem imunitas yang tinggi, tubuh dapat secara langsung mencegah dan melawan virus dalam tubuh.

Salah satu cara yang sering dipakai belakangan ini adalah berjemur. Paparan sinar matahari langsung dapat merangsang produksi vitamin D, yang penting dalam fungsi kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah. Namun bagaimana berjemur yang benar?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dr Suzy  Maria, Sp.Pd, waktu yang tepat untuk berjemur dan terkena sinar matahari pagi adalah sekitar pukul 10.00 WIB-13.00 WIB. 

“Catatannya tidak boleh terlalu lama ya, karena bisa berisiko terkena kanker kulit dan itu malah membahayakan,” kata dokter Suzy. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain itu, dokter Suzy juga menjelaskan, apabila kekurangan vitamin D juga lebih mudah terkena infeksi pernapasan. 

“Sangat penting bagi yang habis sakit untuk mendapat sinar matahari pagi. Jadi ayolah berjemur,” ujarnya. 

Dokter Suzy juga menjelaskan banyak hal mengenai segudang manfaat dari berjemur di pagi hari. Selengkapnya ada di video ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya