Buah Ini Tingkatkan Kekebalan Tubuh Saat Pandemi COVID-19

Buah jeruk
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Di masa pandemi COVID-19, menjadi sangat jelas bahwa dalam hal kesehatan, diet bergizi dan pola makan yang sadar, bersama dengan olahraga teratur, dapat membantu seseorang menjalani kehidupan yang baik. Saat ini, fokusnya lebih pada buah dan sayuran segar dan musiman.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Apeksha Ekbote, kepala ahli diet di NephroPlus, mengatakan buah jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan antioksidan kuat, melawan radikal bebas dalam darah kita, sehingga mengurangi stres oksidatif.

Menurut Ekbote, vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi.  Buah jeruk seperti jeruk, nanas, jeruk nipis, lemon, kiwi, jambu biji kaya akan vitamin C. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Ia menamhahkan, buah jeruk adalah penguat kekebalan yang kuat, karena mereka membantu menghilangkan benda asing yang menyerang sistem manusia kita dalam bentuk bakteri, virus, dan lainnya," "

“Vitamin C sangat penting bagi tubuh kita karena mendukung fungsi seluler dari sistem kekebalan bawaan dan adaptif kita. Virus COVID-19 merupakan benda asing yang bila diserang dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga menurunkan kekebalan seseorang. Vitamin C membantu merangsang pembentukan antibodi,” tuturnya.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Ekbote juga mengatakan bahwa penelitian menunjukkan bahwa untuk infeksi parah - termasuk sepsis, trauma dan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) - pengobatan vitamin C intravena dosis tinggi telah terbukti secara signifikan memperbaiki gejala pada pasien.

“Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 100 gram buah jeruk setiap hari, baik selama dan pasca Covid, untuk mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan dan meningkatkan kekebalan,” kata ahli gizi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024