Deretan Vitamin untuk Atasi Nyeri Sendi

Ilustrasi nyeri sendi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tulang dan sendi memiliki peran yang penting dalam tubuh manusia yang harus selalu dijaga. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang mengalami masalah pada tulang dan sendi.

Jasad Wanita Tinggal Tulang Ditemukan Ditimbun Dalam Rumah di Makassar, Diduga Dibunuh Suami

Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selain itu, mengonsumsi vitamin untuk tulang dan sendi juga menjadi salah satu cara untuk menjaganya tetap sehat.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Dilansir dari laman Cleveland clinic. org, untuk kesehatan tulang yang optimal, kita membutuhkan kombinasi beberapa nutrisi, termasuk kalsium, vitamin D, vitamin K, magnesium,

Asupan kalsium yang direkomendasikan adalah 1.000 mg per hari untuk pria hingga usia 70 tahun dan wanita hingga usia 50 tahun, dan 1.200 mg per hari untuk wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas usia 70 tahun.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

“Jika Anda tidak bisa mendapatkan sebanyak itu dari makanan, cobalah untuk mendapatkan setidaknya setengahnya. Ketika Anda mendapatkan kalsium dari makanan, Anda juga mendapatkan nutrisi lain,” kata ahli diet  Mira Ilic, RD, LD.

Susu dan produk susu lainnya memiliki kalsium, protein, magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B dan nutrisi lainnya. Ada juga sumber kalsium non-dairy, yang juga mengandung nutrisi penting lainnya.

Jika Anda tidak mendapatkan semua kalsium dari makanan, minumlah suplemen untuk melengkapi sisanya. Ilic menyarankan kalsium sitrat, yang memiliki penyerapan yang lebih baik. Tapi, perlu diingat bahwa tubuh Anda tidak menyerap lebih dari 500 mg kalsium per beberapa jam, jadi kurangi konsumsi Anda (baik dari makanan atau suplemen) sepanjang hari.

Anda mungkin tidak mendapatkan jumlah vitamin D yang disarankan dari makanan, tetapi Anda bisa mendapatkannya dari paparan sinar matahari. Sumber makanan termasuk produk susu yang diperkaya dan ikan air dingin (seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden). Anda memerlukan suplemen hanya jika Anda kekurangan, yang dapat Anda tentukan dengan melakukan tes darah.

Vitamin K berlimpah dalam sayuran berdaun hijau.

Magnesium ada dalam lentil, buncis, biji-bijian dan kacang-kacangan. Lalu, nutrisi apa yang Anda butuhkan untuk kesehatan sendi?

Untuk meredakan nyeri sendi, sebaiknya makan berbagai makanan dengan kemungkinan sifat anti-inflamasi. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan dengan asam lemak omega-3.

Omega 3

Ikan air dingin adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan. Tapi lebih baik makan ikan, yang juga mengandung protein, vitamin D dan nutrisi lainnya. Protein membantu membangun otot. Anda membutuhkan otot yang kuat untuk tulang yang sehat dan untuk menopang persendian. Jika Anda makan sarden dengan tulang, Anda mendapatkan keuntungan ekstra dari dosis kalsium yang baik.

Siapa yang harus mempertimbangkan suplemen untuk kesehatan tulang atau sendi?

“Jika Anda makan makanan yang seimbang dan sehat, Anda seharusnya bisa mendapatkan semua nutrisi dari makanan,” kata Ilic.

Ada kelompok orang tertentu yang mungkin tidak mendapatkan cukup nutrisi tertentu, dan mengonsumsi suplemen adalah tepat. Ini termasuk orang dengan masalah penyerapan, wanita hamil dan orang dengan pola makan yang buruk.

Jika Anda mengonsumsi suplemen, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan Anda mengonsumsi suplemen yang Anda butuhkan dan tidak akan berinteraksi secara negatif dengan obat apa pun yang Anda minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya