VIDEO: Ini yang Akan Terjadi Jika Penderita Asma Terpapar COVID-19

Ilustrasi asma.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Orang-orang dengan asma terbiasa mengalami pilek musiman dan flu, membuat kondisi mereka semakin buruk dan pada akhirnya menyebabkan mengi dan batuk. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Virus corona atauCOVID-19 yang saat ini sedang mewabah juga diketahui menyerang sistem pernapasan. Ini membuat para penderita asma bertanya-tanya, apakah dirinya lebih rentan terhadap corona? dan jika sudah terpapar apa yang akan terjadi?

"COVID-19 sendirikan sudah menimbulkan sesak ya, karena parentin parunya yang mengalami radang. Jadi kalau sudah ada radang sebelumnya akan bertambah parah lagi peradangannya, dan proses radang yang semakin meluas, akan memungkinkan sel-sel peradangan yang terlibat," kata Dr.dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P (K). 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ia juga menambahkan, asma ini terjadi karena penyempitan saluran napas. Jadi sistem di respirasi ada dua, di saluran napas dan jaringan paru. 

"Kalau di saluran napas sudah menyempit dan oksigen berkurang untuk masuk, kemudian di jaringan paru terjadi pertukaran udara," kata dia. Simak selengkapnya penjelasan dokter Erlina di video ini. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024