PMI Targetkan 1.000 Vaksinasi Covid-19 Per Hari

Vaksinasi Gratis. [Foto dok. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)]
Sumber :
  • vstory

VIVA – Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar vaksinasi COVID-19 untuk mendukung Pemerintah dalam penanggulangan pandemi. Sentra vaksinasi PMI akan digelar di berbagai daerah dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

BP2MI Bersiap Sambut Gelombang Kepulangan PMI Rayakan Lebaran, Begini Strateginya

"PMI terus  membantu pemerintah dan masyarakat mempercepat vaksinasi, agar pandemi COVID-19 segera selesai," ungkap Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said dalam keterangan persnya.

"Pekan lalu kami memulai memanfaatkan markas PMI Pusat sebagai tempat vaksinasi.  Alhamdulillah sambutan masyarakat cukup baik; dan prosesnya berjalan baik dengan menjaga ketat prokes," lanjut Sudirman Said. 

Apindo Ungkap RI Alami Industrialisasi Berkelanjutan, Pemerintah Diingatkan Ini

Dia menambahkan, PMI Pusat menjadi pilot project di kegiatan ini dan akan berlangsung sepuluh hari ke depan. Pihaknya juga tengah melakukan assessment kapasitas markas-markas lain di Jawa dan Bali untuk melakukan hal yang sama.

Soal berapa target masyarakat yang tervaksin melalui program sentra vaksinasi PMI ini, Sudirman Said mengatakan saat ini mulai dengan seribu vaksinasi per hari. 

Sindikat Perdagangan Orang di Apartemen Kalibata Terbongkar, Raup Rp 15 Juta Sekali Transaksi

"Nanti akan kami evaluasi. Yang penting sistem terbangun dan tinggal menggandakan sesuai dengan kesiapan sarana dan sumber daya manusia. Peran relawan dan tenaga kesehatan,” jelasnya. 

Agar kegiatan vaksin tidak mengganggu kegiatan PMI yang rutin seperti donor darah, Sudirman Said menyatakan sebisa mungkin vaksinasi tidak dilakukan di Unit-unit donor darah (UUD).  Menurutnya, UUD sudah fokus untuk melayani donor darah dan plasma bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kerjasama dengan berbagai pihak terus kita jalin. Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan, swasta, dan kelompok masyarakat. Beberapa klub sepak bola menawarkan stadion untuk dijajaki sebagai tempat vaksinasi. Ini juga menarik," kata Sudirman Said.

Untuk kegiatan vaksinasi di Jakarta, pasokan vaksin didatangkan dari Pemprov DKI Jakarta. Demikian juga nanti untuk kegiatan vaksinasi di daerah, pengadaan vaksin akan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Semua bahu-membahu mepercepat upaya vaksinasi. Demikian pula para donatur perorangan maupun perusahaan.  Memang tidak ada jalan lain untuk menangani krisis ini kecuali kolaborasi dan memperkuat solidaritas sosial antar warga," ucap Sudirman Said.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya