8 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Bahan Alami

Ilustrasi gigi kuning dan putih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini banyak orang yang menghabiskan uang untuk cara memutihkan gigi. Produk-produk ini mungkin dapat memutihkan gigi Anda, tetapi juga dapat merusaknya karena dibuat dari bahan kimia. Akibatnya, senyum Anda yang berharga akan rusak dan ternoda.

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI

Selain itu, faktor gaya hidup juga bisa menjadi penyebab warna gigi kekuningan lebih cepat sebelum waktunya. Gaya hidup tersebut seperti minum kopi, soda, anggur merah, merokok, hingga penumukan plak yang tidak tertangani.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dikutip dari pleasantfamilydentistry.com. Tapi, jangan dilakukan dengan sembarangan agar lapisan gigi tidak rusak dan dampaknya justru bisa memantik masalah baru.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Cara memutihkan gigi

Hal pertama yang pertama, sikat gigi Anda secara teratur

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Photo :
  • U-Report

Mari kita selesaikan ini segera, menyikat gigi setiap hari adalah hal terpenting yang harus dilakukan agar gigi Anda tetap bersinar. Jika Anda belum menyikat gigi secara teratur, pastikan untuk mulai melakukannya sekarang. Jika Anda telah menyikat gigi setiap hari dan gigi Anda masih berwarna kekuningan, cobalah menyikat gigi lebih sering, terutama setelah makan atau minum, yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Namun, jangan langsung menyikat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam karena dapat menyebabkan erosi.

Untuk membuat senyum Anda lebih glamor, coba gunakan pasta gigi pemutih gigi. Pasta gigi jenis ini menggunakan bahan abrasif ringan, yang dapat membantu menghilangkan noda membandel dari permukaan gigi. Namun, jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan pasta gigi tersebut, ada baiknya untuk merujuk ke dokter gigi Anda.

Pulling minyak

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Pulling minyak adalah obat pemutih gigi tradisional oleh orang India. Teknik ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut Anda secara keseluruhan.

Anda harus melakukan pulling minyak di sekitar mulut Anda. Minyak apa pun dapat digunakan untuk cara ini, tetapi minyak minyak wijen dan minyak bunga matahari paling banyak digunakan. Minyak kelapa juga merupakan pilihan yang populer karena rasanya yang enak dan juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

Pulling minyak berguna karena membantu menghilangkan banyak jenis bakteri dari mulut. Bakteri ini menyebabkan plak dan membuat gigi Anda menguning. Oleh karena itu, pulling minyak bisa sangat berguna bagi Anda dalam upaya pemutihan gigi Anda.

Untuk pulling minyak kelapa, ambil satu sendok makan dan masukkan ke dalam mulut Anda. Lanjutkan proses ini selama 15 hingga 20 menit.

Sikat dengan baking soda dan pasta hidrogen peroksida

Photo :
  • U-Report

Soda kue memiliki sifat memutihkan gigi. Itulah mengapa bahan ini lazim dalam iklan pasta gigi. Bahan ini membantu dalam menghilangkan noda dari permukaan gigi karena sifatnya yang agak abrasif. Hidrogen peroksida, di sisi lain, adalah zat pemutih alami. Ini juga membantu dalam membunuh bakteri. Orang telah menggunakan hidrogen peroksida untuk membunuh bakteri pada luka selama bertahun-tahun sampai sekarang.

Caranya, ambil satu sendok makan soda kue dan dua sendok makan hidrogen peroksida. Campurkan kedua isinya. Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi secara teratur. Gunakan pasta ini setiap hari, dan Anda akhirnya akan mulai melihat perbedaannya.

Anda juga bisa membuat obat kumur dengan perbandingan soda kue dan hidrogen peroksida yang sama, ditambah sedikit air.

Kedua zat tersebut tidak berbahaya, tetapi jika Anda merasa telah melakukan sesuatu yang salah, seperti menggunakan bahan yang salah, segera temui dokter gigi Anda.

Gosok kulit pisang, jeruk, atau lemon

Photo :
  • U-Report

Sama seperti berkumur menggunakan minyak, obat ini juga tidak memiliki penelitian ilmiah yang mendukungnya. Namun, orang-orang yang mencobanya senang dengan hasilnya. Plus, itu tidak melibatkan bahan kimia berbahaya, jadi mengapa tidak?

Untuk melakukan “trik” ini, ambillah kulit pisang, jeruk, atau lemon dan gosokkan dengan lembut pada gigi Anda. Terus gosok selama sekitar 2 menit, lalu cuci mulut dan gosok gigi Anda.

Kulit buah ini mengandung asam sitrat, yang secara teoritis membantu memutihkan gigi. Jika Anda memiliki masalah sensitivitas, kemungkinan lapisan gigi Anda lemah atau telah luntur. Dalam hal ini, tidak disarankan untuk menggunakan obat ini. Jika Anda sudah mencoba dan mengalami masalah dengan gigi Anda, segera kunjungi dokter gigi untuk penanganan yang lebih serius.

Lakukan diet kaya buah-buahan dan sayuran

Photo :
  • vstory

Buah-buahan dan sayuran yang renyah diketahui dapat menghilangkan plak dari gigi Anda ketika mengunyahnya. Bahan-bahan tersebut bukan pengganti sikat gigi, tetapi obat apa pun adalah obat yang sangat baik jika memberikan hasil seperti yang diharapkan. Plus, buah-buahan dan sayuran dikenal sangat berguna untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dua buah yang diklaim bisa memutihkan gigi adalah nanas dan stroberi. Enzim bernama "bromelain" yang ditemukan dalam nanas secara efektif menghilangkan noda dan berguna dalam pemutihan gigi secara keseluruhan. Stroberi, di sisi lain, mengandung asam malat, yang dikenal dapat menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda dan membuatnya tampak lebih putih.

Daun sirih

Photo :
  • U-Report

Nenek moyang kita jaman dahulu sering menggunakan dedaunan ini untuk memutihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih bisa membunuh kuman penyebab kerusakan gigi. Caranya sangat mudah, ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian gosokan pada area gigi yang menguning. Selain itu, Anda juga bisa merebus daun sirih lalu gunakan untuk berkumur-kumur.

Cuka Apel

Photo :
  • U-Report

Penambah cita rasa makanan ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih secara alami. Caranya sangat mudah, ambil satu sendok cuka apel, lalu gosokkan secara merata pada gigi yang terlihat kuning. Lakukan beberapa kali untuk hasil maksimal.

Pergilah ke dokter gigi

Photo :
  • U-Report

Jika tidak satu pun dari cara yang disebutkan di atas tampaknya bekerja untuk Anda dan gigi Anda terus-menerus menjadi semakin kekuningan, mungkin sudah waktunya untuk membiarkan seorang profesional menangani ini, seorang dokter gigi dalam kasus ini, tentu saja.

Veneer atau implan gigi mungkin bisa menjadi pilihan Anda sebagai pengganti gigi dengan warna dan kesehatan yang buruk. Veneer adalah wafer porselen rapuh yang dipasang secara permanen ke gigi Anda. Veneer menutupi gigi Anda dan menampilkan warna, bentuk, atau posisi buatan.

Veneer sebenarnya bukan solusi “pemutihan gigi”, tetapi veneer dapat membuat senyum Anda terlihat lebih cerah dengan menutupi lapisan buatan pada gigi Anda. Jika kesehatan dan warna gigi Anda tampaknya tidak dapat diperbaiki, implan gigi bisa menjadi cara yang tepat. Implan gigi adalah tiang logam yang dimaksudkan untuk menahan gigi tiruan pengganti pada gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya