18 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami dan Mudah Ditemukan

Tips memiliki kulit putih mulus secara alami
Sumber :

VIVA – Cara memutihkan wajah sangat mudah dilakukan dengan bahan alami. Karena banyak orang memiliki kulit wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya sehingga mengurangi tingkat kepercayaan diri. Memiliki kulit wajah yang putih berseri adalah idaman bagi semua orang.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Selain itu, banyak orang yang mencoba berbagai hal untuk mendapatkan kulit wajah yang terlihat putih dan bersinar. Bahkan tak sedikit orang yang nekat memutihkan kulit dengan menggunakan bahan kimia berbahaya untuk mendapatkan hasil yang instan. 

Padahal jika menggunakan bahan pemutih yang tidak aman akan menimbulkan kerusakan pada kulit. Selain itu, perlu dipahami juga bahwa wajah yang terlihat putih bukanlah segalanya. Hal yang paling penting adalah menjaga kelembapan, kebersihan, dan kesehatan wajah terlebih dahulu. 

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Karena wajah yang terjaga kebersihan dan kesehatannya akan terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Di sekitar kita banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah agar sehat dan tidak terlihat kusam menggunakan bahan yang alami.

Selain alami, bahan ini juga tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit. Berikut ulasannya yang dikutip dari emedihealth.com. 

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Cara memutihkan wajah secara alami

1. Yogurt 

Photo :
  • U-Report

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kulit. Asam laktat dalam yogurt bertindak sebagai zat pemutih alami. Selain itu, yogurt juga dapat membantu melembapkan kulit dan menghilangkan minyak berlebih.

Caranya, cukup oleskan yogurt itu ke kulit Anda. Biarkan mengering selama 30 menit. Pijat kulit Anda dan bersihkan dengan air. Untuk menghilangkan warna kulit kusam karena berjemur, gunakan masker ini setiap hari selama 2-3 minggu.

2. Pepaya

Photo :
  • U-Report

Karena sifat nutrisi yang dimiliki pepaya, pepaya banyak digunakan untuk cara memutihkan wajah. Pepaya akan membuat kulit wajah terlihat bercahaya. Pepaya juga bertindak sebagai bahan pemutih alami.

Cara pemakaiannya:

  • Potong dan tumbuk pepaya. 
  • Tambahkan madu pada buah yang dihaluskan. 
  • Aduk rata dan oleskan pada ke kulit.
  • Biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas masker dengan air hangat dan keringkan kulit Anda.

Photo :
  • Times of India

Jeruk dapat membantu mencerahkan kulit. Jeruk sangat bermanfaat bagi kulit karena kaya akan vitamin C. Jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dengan bertindak sebagai bahan pencerah. Juga, konsumsi jus jeruk segar setiap hari dapat merevitalisasi kulit, menjadikannya lembut dan halus. 

Cara menggunakannya: Oleskan jus jeruk pada kulit Anda, lalu tunggu sampai mengering dan bilas menggunakan air bersih. Anda juga dapat meminum jus jeruk untuk melakukan diet Anda dan mengekstrak manfaatnya.

4. Madu

Photo :
  • U-Report

Madu dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi bintik hitam. Bintik-bintik gelap pada kulit dapat disebabkan oleh kekeringan. Madu dapat menghidrasi kulit untuk membantu mendapatkan warna kulit yang merata.

Madu akan menjadi bahan antibakteri. Madu juga dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu memudarkan bekas jerawat serta bintik-bintik penuaan yang ada.

Cara pakai: Oleskan madu langsung ke flek hitam menggunakan jari sampai mengering. Setelah itu, bilas dan bersihkan. Lakukan beberapa kali untuk hasil maksimal.

5. Lemon

Photo :
  • stardaily

Lemon dapat membantu memperbaiki warna kulit. Kandungan asam sitratnya yang tinggi dapat memutihkan kulit, sementara vitamin C dapat menimbulkan proliferasi sel-sel kulit baru. Selain itu, lemon kaya akan antioksidan yang membantu memperbaiki warna kulit.

Cara pemakainnya, jus lemon dengan air dan oleskan ke kulit. Biarkan selama 10 menit. Bilas kulit Anda dengan air hangat.

6. Gel lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Gel lidah buaya menawarkan banyak manfaat perawatan untuk kulit. Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan pencerah kulit karena efek pendinginan dan anti-inflamasinya. Penerapan lidah buaya dapat membuat pembelahan sel dan perbaikan jaringan yang rusak. Hal inilah yang membantu dalam pengobatan hiperpigmentasi.

Cara Penggunaan:

  • Oleskan gel lidah buaya ke wajah Anda.
  • Biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas kulit Anda dengan air hangat.

7. Kunyit

Photo :
  • U-Report

Kunyit dapat membantu memperbaiki warna kulit. Kunyit akan menghambat produksi melanin dan memberikan warna kulit yang merata. Kunyit juga membantu dalam menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat antioksidan dan antiseptik.

Kurcumin adalah senyawa utama yang ditemukan dalam kunyit. Sebuah makalah ulasan menyoroti penggunaan produk dan suplemen yang mengandung kunyit atau kurkumin untuk meningkatkan kesehatan kulit. Tinjauan tersebut mencakup produk yang digunakan secara oral dan topikal.

Cara menggunakan: Campurkan bubuk kunyit dan yogurt untuk membuat masker. Oleskan masker ke wajah Anda.

8. Mentimun

Photo :
  • U-Report

Mentimun dapat membantu mencerahkan kulit dan melembabkannya. Ekstrak mentimun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Menjadi sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik, ekstrak mentimun dapat membantu dalam menghidrasi kulit.

Mentimun juga membantu meringankan iritasi dan peradangan. Selain itu, ekstrak mentimun menghambat sintesis melanin dan sekresi sebum.

Mentimun dapat membantu mencerahkan kulit dengan membuatnya lebih kencang dan kenyal karena dari pengikatan kolagennya. Mentimun juga bisa membantu dalam mendinginkan kulit dan dapat digunakan pada semua jenis kulit.

Cara menggunakan: Parut mentimun dan aplikasikan ke kulit Anda.

9. Oatmeal

Photo :
  • U-Report

Oatmeal dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit various. Oat (Avena sativa) telah digunakan untuk pengobatan berbagai masalah kulit. Oleskan oatmeal untuk menghilangkan ruam, kekeringan, dan eksim.
Oatmeal dapat membantu untuk regenerasi kulit dengan pengelupasan kulit. Oatmeal juga bisa membantu mencerahkan kulit dan memberikan kelembutan pada kulit.

Cara Penggunaan:

  • Ambil beberapa oatmeal yang dimasak.
  • Setelah dingin, oleskan ke wajah Anda sebagai masker.
  • Cuci bersih setelah 10-15 menit atau setelah mengering.

10. Jeruk nipis

Photo :
  • U-Report

Jeruk nipis memiliki fungsi untuk cara memutihkan wajah serta kandungan vitamin C didalamnya mampu untuk menangkal radikal bebas. 

Cara menggunakannya sangat mudah, belah jeruk menjadi dua bagian. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan bersih dan lakukan cara ini selama 2-3 kali seminggu. 

11. Kulit jeruk

Photo :
  • U-Report

Jika diandingkan dengan buahnya, teryata kulit jeruk memiliki lebih banyak vitamin C. Jadi, jika Anda memakan jeruk, kulitnya jangan langsung dibuang. Kulit jeruk bisa diaplikasikan untuk masker wajah.

Cara penggunaannya, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Setelah kering tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air. Setelah itu, aplikasikan pada kulit dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. 

12. Alpukat

Photo :
  • U-Report

Alpukat memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini karena alpukat mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. 

Cara penggunaannya sangat mudah, haluskan daging alpukat sampai lembut dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 25 menit dan bilas dengan air bersih. 

13. Stroberi

Photo :
  • U-Report

Stroberi mengandung ellagic yang bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan bisa mencerahkan wajah secara alami. 

Caranya cukup menghaluskan buah stroberi hingga lembut dan campurkan dengan susu hingga mengental. Aplikasikan pada wajah Anda dan tunggu sampai mengering lalu bersihkan dengan air bersih. 

14. Pisang

Photo :
  • U-Report

Pisang mengandung vitamin C yang sangat efektif untuk memutihkan wajah secara alami. 

Caranya sangat mudah, haluskan satu buah pisang dan tambahkan 1 sdm madu. Setelah tercampur, oleskan pada wajah dan biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air bersih. 

15. Kentang

Photo :
  • U-Report

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah Anda bisa diperlambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang terkandung dalam kentang juga berperan penting agar noda atau flek hitam pada wajah dapat tersamarkan. 

Cara penggunaannya sangat mudah, tumbuh halus kentang yang sudah direbus dan campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas pakai air bersih. 

16. Bengkoang

Photo :
  • U-Report

Bengkoang adalah bahan alami yang paling banyak digunakan untuk produk kecantikan. Hal ini karena bengkoang mengandung vitamin B dan vitamin C yang sangat berperan untuk memutihkan wajah dan menjaga agar tetap bersinar. 

Caranya sangat mudah, parut dan peras bengkoang hingga mengeluarkan air. Gunakan sari bengkoang untuk masker dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. 

17. Putih telur

Photo :
  • U-Report

Putih telur dipercaya dapat mencerahkan warna kulit karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur bisa digunakan sebagai masker agar wajah terlihat lebih cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis pada telur, gunakan 1 sdm perasan air jeruk nipis. 

18. Tomat

Photo :
  • U-Report

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopene yang terbukti bisa menangkal radikal bebas dan menjaga wajah cerah berseri. Tomat juga bisa menjadi tabir surya alami untuk menangkal kerusakan kulit yang diakibatkan sinar UV

Cara menggunakannya, tumbuk halus tomat dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan cuci menggunakan air bersih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya