Jumlah Buah yang Boleh Dikonsumsi Pasien Diabetes Tipe 2 Setiap Hari

Buah-buahan dan jus
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Makan buah-buahan adalah cara yang lezat untuk memuaskan rasa lapar seseorang dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Buah-buahan mengandung fruktosa, juga dikenal sebagai gula buah, secara alami. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Tetapi banyak orang yang salah percaya bahwa buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes atau dapat meningkatkan risiko diabetes.

“Namun, makan setidaknya dua porsi buah setiap hari telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2,” kata Lakshita Jain, ahli gizi klinis bersertifikat, dosen, pendidik diabetes, teknolog daging, dan pendiri NUTR, dikutip dari Indian Express.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Dia menambahkan bahwa individu yang mengonsumsi lebih banyak buah menghasilkan lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah mereka. Ini secara tegas menunjukkan hubungan antara asupan buah dan penanda sensitivitas insulin.

“Hal ini penting karena tingginya kadar insulin dalam sirkulasi (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah dan tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung,” katanya.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Buah-buahan adalah pilihan tepat untuk menurunkan risiko diabetes karena kandungan serat dan kandungan gula alaminya. Buah-buahan kering dan jus adalah sumber gula yang lebih terkonsentrasi, jadi membatasi ukuran porsi itu penting.

Buah mana yang harus dipilih

Pilih buah dengan Indeks Glikemik (GI) rendah hingga sedang. GI adalah peringkat makanan berdasarkan seberapa lambat atau seberapa cepat makanan yang berbeda menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. 

Buah-buahan rendah pada skala GI cenderung melepaskan glukosa secara perlahan dan mantap. Buah-buahan tinggi pada GI melepaskan glukosa dengan cepat. Juga, buah-buahan berserat tinggi memiliki peringkat glikemik yang lebih rendah.

Apel
Alpukat
Pisang
Berry
Ceri
Jeruk bali
Anggur
Buah kiwi
Nektarin
jeruk
Persik
Buah pir
Plum
Stroberi
Melon madu
Pepaya
Nanas

Buah vs jus buah:

Pilih buah utuh daripada gula buah karena jus buah hanyalah gula pekat tanpa serat. Jadi jika Anda harus meminum jus buah maka makanlah dengan ampas atau setelah dijus, tambahkan kembali serat atau ampasnya ke dalam jus.

Siapa yang harus mengurangi jumlah buah?

Anda aman makan satu mangga atau satu pisang utuh sehari meskipun kadar gula Anda 150 mg dl. Tetapi Jika kadar gula Anda meningkat lebih dari 300mg dl, hentikan buah-buahan sampai kadar gula mencapai kisaran normal.

“Makan setidaknya dua porsi buah setiap hari telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Pilih buah utuh seperti pepaya, apel, jeruk, leci daripada jus buah. Pilih jus buah buatan sendiri daripada jus pasar jika Anda tertarik pada jus,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya