dr. Zaidul Akbar: Atasi Bau Mulut dengan Timun Dijamin Hilang

Ilustrasi mentimun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Timun atau mentimun seringkali dikonsumsi sebagai lalapan. Mentimun sangat mudah didapatkan di mana-mana dan harganya juga cenderung terjangkau. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Tapi meski murah dan mudah didapat, buah yang sering dikira sebagai sayuran ini tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Mentimun diketahui kaya nutrisi. Buah rendah kalori ini mengandung banyak vitamin dan mineral penting. 

Mentimun sering dimanfaatkan sebagai menu diet sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Selain itu, timun juga kaya antioksidan, membantu melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi dan menurunkan kadar gula darah. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Yang tak kalah penting, ternyata irisan mentimun juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan bau mulut? 

Melalui sebuah video, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar mengatakan, meletakkan irisan mentimun pada langit-langit dapat membantu mengatasi bau mulut. 

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Timun ini kalau Anda potong, ditaruh di atas langit-langit lumayan bisa ngurangin bau mulut. Keren kan timun," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @dokterzaidulakbar, dikutip VIVA, Rabu 21 Juli 2021. 

Menurut dokter Zaidul, menjadikan timun sebagai lauk atau teman makan juga tetap bisa membantu menghilangkan bau mulut. Dan yang terpenting, lauk mentimun ini tetap tergolong sehat. 

"Atau Anda mau bikin lauk pakai timun. Saya suka timun. Tapi timun yang saya buat biasanya semacam ada lauknya saya. Tapi Insya Allah sehat," kata dia. 

Lalu, bagaimana cara membuat lauk berbahan dasar mentimun untuk membantu melenyapkan bau mulut? 

"Timun ini dipotong belah tengahnya lalu dikerok. Lalu kerokan timun tadi Anda campurkan sama cabai rawit. Kasih garam, kasih terasi yang sehat sedikit. Lalu timun tadi dimakan sebagai temannya ikan. Ikannya ikan gabus," tutur dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya