13 Obat Sakit Gigi Alami dan Obat Apotik yang Paling Ampuh

ilustrasi sakit gigi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap orang pernah mengalami yang namanya sakit gigi ketika mengunyah makanan atau sedang menyikat gigi. Selain ngilu yang sangat kuat, sakit gigi juga bisa menyebabkan sakit kepala dan demam. Kondisi ini akan mengganggu aktivitas Anda, baik untuk sekolah, kuliah, maupun bekerja.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Sakit gigi ini biasanya disebabkan oleh adanya lubang pada gigi yang semakin membesar dan bisa memengaruhi saraf. Apabila sudah merasa demikian, Anda harus mengonsumsi obat sakit gigi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dialami. Baik obat alami maupun obat gigi yang dibeli di apotek.

Sakit gigi pada seseorang dapat disebabkan oleh adanya gigi berlubang, gigi sensitif, tumbuhnya gigi bungsu geraham, gigi retak, atau masalah gigi yang lainnya. Untuk Anda yang mengalami hal seperti itu, berikut kami jabarkan beberapa obat yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan sakit gigi.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Obat sakit gigi

Es batu

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Photo :
  • U-Report

Obat sakit gigi pertama yang bisa digunakan dan banyak ditemukan di setiap rumah adalah mengompreskan es batu pada area sakit. Suhu dingin yang ditimbulkan oleh es batu akan mengebaskan saraf gigi agar hilang rasa nyeri. Anda bisa mengompres bagian gigi yang sakit selama 15 menit menggunakan es batu sampai rasa sakitnya sedikit menghilang.

Garam

Photo :
  • U-Report

Garam adalah obat yang paling sering digunakan oleh penderita sakit gigi. Selain minum obat yang diberikan oleh dokter, Anda bisa menggunakan larutan air garam untuk meredam sakit gigi. Garam mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa menjadi obat paling ampuh untuk gigi berlubang.

Selain itu, garam juga menghilangkan bakteri di mulut dan merawat gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sdm garam dengan 1 gelas air tawar. Kemudian gunakan campuran air tersebut untuk berkumur-kumur.

Cuka apel

Photo :
  • U-Report

Kandungan antimikrobal dan antibakteri dalam cuka apel bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sdm cuka apel bersama dengan 1 gelas air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cuka apel yang diteteskan pada gulungan kapas kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang.

Photo :
  • vstory

Bawang putih mengandung anti-septik alami yang memiliki fungsi untuk meredakan sakit pada gigi. Bawang putih memiliki kemampuan untuk melepaskan alicin dan menghasilkan minyak alami yang memiliki fungsi untuk melawan bakteri. Caranya sangat mudah, kunyah bawang putih atau tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Jahe

Photo :
  • Times of India

Jahe adalah tanaman keluarga yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu fungsi jahe adalah menghentikan sakit gigi. Jahe mengandung antibiotik yang bisa membunuh kuman yang ada di dalam gigi berlubang. Caranya, tumbuk 1 siung jahe dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya hilang.

Teh peppermint

Photo :
  • U-Report

Teh peppermint adalah salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit pada gigi. Caranya, panaskan air dan celupkan 1 kantong teh peppermint. Kemudian angkat teh peppermint dan diamkan selama beberapa menit di freezer. Setalah dingin, ambil dan gigit kantong teh peppermint memakai gigi yang sakit.

Daun jambu biji

Photo :
  • U-Report

Kandungan analgesik, anti radang, dan anti mikroba dalam daun jambu biji bisa mengobati rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang. Caranya sangat mudah, ambil beberapa lembar jambu biji dan tumbuk. Setelah itu, tambahkan air dan rebus sampai mendidih, lalu diamkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.

Minyak cengkeh

Photo :
  • U-Report

Minyak cengkeh merupakan obat tradisional yang sering digunakan sejak dulu. Kandungan eugenol yang terdapat dalam minyak cengkeh memiliki fungsi untuk anestesi secara alami dan dapat menghilangkan sakit gigi. Cara menggunakan bahan ini adalah, teteskan minyak cengkeh ke dalam kapas dan diamkan selama beberapa menit.

Bawang merah

Photo :
  • U-Report

Bawang merah mengandung anti-mikrobal dan anti-septik yang bisa mengendalikan rasa nyeri pada gusi yang diakibatkan oleh gigi berlubang. Caranya, Anda hanya perlu mengunyah bawang merah menggunakan gigi yang sakit, atau dengan cara menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Ibuprofen

Photo :
  • Istimewa

Ibuprofen adalah obat-obatan yang bisa meringankan rasa sakit dan meredakan inflamasi atau peradangan dan bisa ditemukan di apotik. Ibuprofen akan menghambat enzim yang memproduksi senyawa prostaglandin yang merupakan penyebab peradangan dan rasa sakit. Tapi, ketika Anda ingin menggunakan obat ini, sebaiknya menggunakan resep dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dentasol

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Obat ini sangat mudah ditemukan di apotik. Selain itu, dentasol juga terdiri atas dua bentuk, ada yang kaplet dan ada pula yang berbentuk obat tetes. Dentasol juga mengandung xat anestesi topical dengan antiseptik yang bisa secara langsung digunakan pada bagian gigi yang sakit.

Acetaminophen

Photo :
  • voaindonesia.com

Obat ini dipercaya bisa meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang. Obat ini lebih dikenal sebagai Paracetamol yang memiliki kandungan untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang.

Ponstan

Ponstan sering dipakai untuk mengobati rasa sakit pada gigi sampai cedera otot bahkan rasa sakit akibat melahirkan. Ponstan mengandung asam mefenamat yang membuat obat ini bisa meredakan rasa sakit dan peradangan yang diderita. Namun, perlu dipahami bahwa obat ini tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit pada gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya