Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

kekurangan vitamin D
kekurangan vitamin D
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di masa pandemi seperti sekarang ini, daya tahan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk mencegah terinfeksi COVID-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. 

"Jadi yang pertama dipikirkan adalah mengonsumsi makanan yang lengkap, bernutrisi, bergizi seimbang, penuhi zat gizi makro, terutama karbohidrat, protein, lemak dan pilih yang sehat. Lalu cukupi kebutuhan zat gizi mikro, di antaranya adalah vitamin dan mineral," ujar spesialis gizi klinik, dr. Fenny Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 22 Juli 2021. 

Fenny menambahkan, isu penting saat ini untuk menjaga imunitas selama pandemi juga dapat dilakukan dengan pemenuhan kebutuhan vitamin D

"Di mana sudah banyak penelitian ternyata pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan kadar vitamin D yang rendah, meningkatkan risiko gejala, komplikasi dan juga risiko mortalitas atau kematian lebih tinggi," lanjut dia. 

Selain itu, dipaparkan Fenny, hasil penelitian yang dilakukan di Indonesia juga telah membuktikan, pasien COVID-19 yang kekurangan vitamin D, berisiko 10 kali lebih tinggi untuk meninggal dunia. 

Lebih lanjut Fenny menjelaskan, ada beberapa sumber vitamin D yang bisa kamu dapatkan. Apa saja? 

"Jadi yang pertama, memang sumber vitamin D 90 persen itu dari matahari. Jadi selain konsumsi makanan yang sehat, yang kedua harus berjemur berbarengan dengan olahraga pagi, jam 9 hingga 10 pagi sekitar 5,15 menit. Areanya yang lebih banyak kedua lengan dan kedua tungkai atau punggung juga boleh," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title