Pemerintah Tambah Target Sasaran Vaksinasi COVID-19

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi diketahui menjadi salah satu cara pembentukan kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit infeksi, termasuk infeksi COVID-19 yang melanda dunia selama setahun belakangan ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Vaksinasi akan membuat tubuh seseorang mengenali bakteri/virus penyebab penyakit tertentu, sehingga bila terpapar bakteri/virus menjadi lebih kebal. Vaksinasi sendiri bertujuan mencegah penularan maupun keparahan suatu penyakit.

Untuk mencapai kekebalan kelompok, pemerintah telah menambah target sasaran vaksinasi COVID-19 di Indonesia, dari 181,5 juta orang menjadi 208.265.720 orang. Target tersebut dibagi menjadi beberapa tahapan, seperti dikutip dari laman covid19.co.id.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tahap pertama vaksinasi COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan sebanyak 1.468.764 orang yang sudah berlangsung sejak Januari silam. Lalu, tahap 2 vaksinasi untuk lansia sebanyak 21.553.118 orang dan petugas publik sebanyak 17.327.167 orang. Tahap 3 adalah masyarakat rentan dan umum sebanyak 141.211.181 orang dan anak-remaja berusia 12-17 tahun sebanyak 26.705.490 orang.

Per 22 Juli 2021, sudah 42.868.023 orang atau 20,58 persen dari target vaksinasi yang sudah mendapatkan dosis pertamanya. Sedangkan yang sudah lengkap mendapatkan dosis keduanya sebanyak 16.713.406 orang atau baru 8,03 persen.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Di sisi lain, dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) merangkul MNC Peduli, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center untuk menghadirkan layanan Sentra Vaksinasi COVID-19 yang berlokasi di Kawasan MNC Center di Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan di Kawasan MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Layanan vaksinasi ini resmi beroperasi tanggal 23-27 Juli 2021 pukul 08.00-15.00 WIB untuk vaksinasi dosis pertama dan 20-24 Agustus 2021 untuk vaksinasi dosis kedua. Masyarakat umum, termasuk lansia, dapat mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin di Sentra Vaksinasi ini dengan menunjukkan kartu identitas resmi tanpa syarat domisili.

Menargetkan total 6.000 penerima vaksin untuk dosis pertama selama periode pelaksanaan, inisiatif ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dengan pihak swasta (public private partnership/PPP) dalam mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok yang saat ini terus menjadi fokus pemerintah sebagai kunci untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama untuk dapat menangani pandemi COVID-19. Untuk itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak dan melakukan kolaborasi lintas sektor guna mempercepat distribusi vaksin di Tanah Air serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi. Dia berharap sentra vaksinasi ini dapat terwujud sehingga herd immunity dapat segera terbentuk.

"Saya juga mengimbau rekan-rekan yang bekerja di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini agar dapat mempercepat pemulihan di salah satu industri yang paling terdampak ini. Harapan kami 90-95 persen dari 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor Parekraf dapat menerima vaksin," kata Angela seperti dalam keterangannya.

Di sisi lain, memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh Traveloka, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi dengan memilih produk Traveloka Xperience, kemudian dapat memilih tanggal dan jam kedatangan yang tersedia. Sistem pemesanan yang tersedia di aplikasi membantu sistem penjadwalan yang lebih teratur agar pelaksanaan vaksinasi berlangsung dengan tertib dan lancar.

Co-Founder, Traveloka, Albert mengungkapkan bahwa layanan Sentra Vaksinasi ini merupakan bagian dari gerakan #JalanBersama Lawan COVID-19 yang diinisiasi oleh Traveloka, di mana sebelumnya Traveloka juga aktif menghadirkan Sentra Vaksinasi di Yogyakarta, Tangerang Selatan, dan juga di Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya