Serat, Salah Satu Kunci Sehat dan Sukses Diet

Ilustrasi tubuh sehat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Serat merupakan salah satu kunci agar saluran cerna menjadi lebih sehat. Selain itu, serat juga efektif membantu penurunan berat badan. Sehingga cocok untuk yang sedang menjalani diet.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Berbicara dengan diet, tentu erat kaitan dengan berat badan. Di Indonesia, masalah berat badan berlebih masih menjadi problem serius. Hal ini terjadi karena berbagai kemungkinan, beberapa diantaranya karena gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. 

Dari beberapa data yang ada, masalah obesitas masih terus bertambah. Padahal, obesitas bisa menjadi pemicu beragam risiko penyakit lain, beberapa diantaranya diabetes, kolesterol, maupun hipertensi. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Gaya hidup tak sehat serta kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, dan asupan yang kurang sehat seperti halnya junk food, dapat mengakibatkan beragam masalah tersebut. 

Selain olahraga teratur, pola makan sehat, serat bisa membantu diet untuk bentu mengatasi masalah kesehatan dan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu yang melakukan itu adalah selebgram  Gustav Ode yang akrab disapa Aa Utap.
 
"Its okay kalo mau diet, tapi harus dengan cara yang sehat. Jangan sampai diet extreme sampe kekurangan asupan. Karena malah bisa bikin lemes," katanya dalam keterangan tertulis.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Serat bisa ditemukan diberbagai buah-buahan. Ada juga yang menghadirkannya dalam bentuk minuman, salah satunya Fyberfyt. Istri Utap, Indira Khalista salah satu yang telah membuktikannya.

"Bukan cuma melancarkan BAB, tapi juga bisa ngiket lemak dalam tubuh, bisa menghancurkan lemak, bahkan bisa menutrisi otak kita juga," ujar Indira.

Indira Kalistha.

Photo :
  • Instagram @indirakalistha

Dalam minuman serat ini terkandung beragam ekstrak buah dan sayuran. Selain itu, terdapat pula kandungan Psyllium Husk yang berfungsi mengikat gula darah, kolesterol, dan lemak. Ada juga Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang bisa membakar dan melunturkan lemak pada orang dewasa, terutama bagi yang mengalami obesitas, membuat rasa kenyang lebih lama, memperbaiki bentuk tubuh dengan meningkatkan massa otot tanpa lemak, juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya