Ini Tanda Gejala Long COVID yang Wajib Diketahui Sejak Awal

Batuk dan pilek
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, orang-orang telah berjuang melawan serangkaian komplikasi - baik fisik maupun mental. Dari daftar gejala yang terus berkembang hingga munculnya varian baru hingga peningkatan jumlah komplikasi pasca-COVID-19, masalahnya hanya meningkat di masa lalu. 

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Long COVID terjadi pada orang yang terus mengalami gejala lama setelah sembuh dari penyakit dan dinyatakan negatif. Konon, orang yang menderita komplikasi pasca-COVID-19 disebut long hauler.

Karena infeksi COVID-19 yang parah, mereka mengalami kerusakan permanen pada paru-paru, jantung, ginjal, atau otak mereka atau terus mengalami gejala yang menetap meskipun tidak ada kerusakan yang terdeteksi pada organ-organ ini.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Kebanyakan orang yang tertular virus SARs-COV-2 tidak menunjukkan gejala atau mengalami penyakit ringan hingga sedang.  Gejala cenderung mereda dalam waktu 2-3 minggu setelah timbulnya gejala.

Namun, beberapa orang, bahkan setelah dites negatif untuk virus, terus mengalami gejala yang menetap selama lebih dari empat minggu dan seterusnya. Dengan mengingat semua ini, kelompok studi Therapies for long COVID (TLC), di University of Birmingham di Inggris, telah menghasilkan prediktor tertentu dari Long COVID.

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Kelompok studi mempelajari 27 studi yang diterbitkan sebelumnya tentang Long COVID untuk mencari tahu tentang gejala yang paling umum dan juga untuk mempelajari beberapa kemungkinan indikator risiko jangka panjang.

Kelelahan pasca covid-19

Photo :
  • Times of India

Tim peneliti menemukan bahwa kelelahan, kesulitan bernapas, nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, dan perubahan indra penciuman dan perasa adalah beberapa gejala yang paling umum selama penyakit. 

Selain itu, mereka juga mengetahui bahwa pasien mengalami gangguan tidur dan masalah kognitif seperti ketidakmampuan untuk fokus, masalah dengan ingatan, dll.

Tanda-tanda 

Selain mempelajari gejala umum Long COVID, para peneliti juga menemukan faktor-faktor yang meningkatkan risiko risiko jangka panjang pada pasien. Menurut para ilmuwan, ada prediktor tertentu yang dapat membantu mengevaluasi risiko Anda terkena Long COVID.

Studi ini menemukan bahwa sementara infeksi COVID-19 ringan tidak memicu terjadinya penyakit yang berkepanjangan, dirawat di rumah sakit saat timbulnya gejala atau membutuhkan dukungan oksigen dikaitkan dengan peningkatan risiko COVID-19 yang lama. 

Selain itu, satu penelitian juga menemukan bahwa orang yang mengalami lebih dari lima gejala selama minggu pertama sakit memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami komplikasi jangka panjang.

Beberapa faktor lain yang bisa menjadi prediktor lama COVID adalah usia yang lebih tua, perempuan, dan memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, sesuai penelitian.

Vaksin mengurangi kemungkinan Long COVID

Ilustrasi - vaksinasi COVID-19.

Photo :
  • ANTARA

Mendapatkan vaksin COVID-19 tidak membuat Anda sepenuhnya kebal terhadap virus. Namun, itu dapat meminimalkan risiko penyakit parah. Ini memberi Anda tingkat perlindungan tertentu terhadap penyakit dan mengurangi risiko rawat inap.

Namun, masih ada risiko tertular virus dan meskipun kemungkinannya sangat rendah, gejala COVID-19 yang berkepanjangan masih sangat mungkin terjadi.

Perawatan pasca-COVID

Pengujian negatif untuk virus tidak berarti Anda semua baik-baik saja. Itu hanya menunjukkan bahwa pertempuran itu setengah dimenangkan. Gejala COVID-19 dapat bertahan lama setelah Anda dites negatif untuk virus. Fase pemulihan sangat penting karena membutuhkan perawatan intensif.

Ikuti diet sehat dan terus berpartisipasi dalam olahraga ringan. Sementara karena kelelahan yang terus-menerus, mungkin sulit untuk menempuh jalan Anda, tetapi jangan menjalani kehidupan yang tidak banyak bergerak. 

Tetap terhidrasi dan makan makanan kaya nutrisi yang dapat memberi Anda energi yang cukup. Lanjutkan memantau gejala Anda dan tetap berhubungan dengan dokter Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya