dr Zaidul Akbar Ungkap Sebab Minum Air Lemon & Madu Kepala Jadi Pusing

Air lemon.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Ramuan herbal atau yang terbuat dari rempah-rempah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai contoh lemon dan madu. Lemon sendiri dapat membantu menjaga berat badan, memelihara kesehatan jantung, mencegah pembentukan batu ginjal, hingga membantu meningkatkan imunitas. 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Sementara madu, dapat membantu mengobati batuk, membuat tidur semakin nyenyak, menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, membantu penyembuhan luka, serta baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Jika digabungkan, antara lemon dan madu, tentu manfaatnya akan semakin kompleks. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk dibuat minuman herbal. 

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Namun sayangnya, ada beberapa orang yang mengeluhkan setelah minum air lemon dan madu, mereka malah mengalami efek samping berupa pusing atau sakit kepala. Lalu, apa penyebabnya? Dan bolehkah masih tetap mengonsumsinya jika timbul efek samping seperti itu?

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Melalui sebuah video, dokter sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar, akan memberikan penjelasannya. Menurut dia, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika mengonsumsi sesuatu. 

"Wallahu alam. Karena tiap orang reaksi badan ketika makan sesuatu itu tidak sama. Pendekatan-pendekatan seperti ini ya mungkin tiap orang akan beda," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @dokterzaidulakbar, dikutip VIVA, Senin 26 Juli 2021. 

Lebih lanjut, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu mengatakan, setiap orang memiliki kecocokan masing-masing ketika mengonsumsi sesuatu. Jadi, mana yang lebih cocok, itulah yang kamu konsumsi. 

"Ada orang yang memang cocoknya minum air lemon sama madu pake air hangat dikasih garam. Ada yang cocoknya minum air jahe sama madu. Kita yang lebih paham. Sehingga nanti cocoknya minum apa, minumlah itu," pungkas dia. 

Menurut Zaidul, jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan setelah mengonsumsi sesuatu, lebih baik dihentikan dan ganti dengan yang lebih aman. 

"Banyak yang tanya, kenapa saya abis minum ini minum ini jadi keliyengan segala macem. Ya, gak usah diminum kalo gitu. Cari yang lain yang lebih aman. Cari yang lain yang lebih tidak mengganggu badan kita. Saran saya begitu," terang dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya