Rutin Bercinta Ampuh Jaga Tidur Lebih Lelap dan Cegah Stres

Ilustrasi bercinta
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Bercinta dengan pasangan terbukti dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19. Hal ini tentunya berefek baik untuk membuat tidur lebih lelap sehingga membantu menjaga imunitas.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Pakar tidur bernama James Wilson mengatakan, bercinta sebenarnya bisa menjadi jawaban untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik. James yang juga dikenal sebagai The Sleep Geek mengatakan, beberapa proses biologis seputar seks dapat berdampak negatif pada tidur.

Terutama efeknya pada peningkatan detak jantung dan pelepasan adrenalin, terutama jika seks dilakukan dengan cukup 'kuat'. Tapi rutin bercinta juga membantu kita merasa terhubung secara emosional.

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Tak hanya itu, orgasme mengarah pada pelepasan hormon seperti prolaktin dan oksitosin. Keduanya juga kerap disebut sebagai hormon pelukan yang membantu menenangkan pikiran sehingga mencegah stres.

"Ini membuat kita merasa rileks dan tenang, kondisi yang sempurna untuk bisa tidur nyenyak. Ini juga mengurangi kadar kortisol, hormon bangun yang meningkatkan tingkat stres kita," kata James dikutip dari laman Daily Star.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

James juga mengatakan, jika Anda tidur di sebelah seseorang dapat membantu tubuh merasa lebih hangat. Sebaliknya, Anda dan pasangan bisa memilih dan memakai selimut berbeda jika Anda berada dalam cuaca panas.

Selain itu, mandi dengan air hangat usai bercinta juga mampu membuat tidur lebih lelap. Hindari menggunakan air dingin untuk mandi apabila cuaca di luar terasa sangat panas.

"Untuk menurunkan suhu inti kita dan membantu proses yang membantu kita tidur, mandi air hangat atau pancuran," ucap James.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya