Setelah Divaksin, Perlukah Suntikan Penguat COVID-19? Ini Kata Pakar

Vaksin covid-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Virus corona baru terus memengaruhi kehidupan kita dalam banyak hal. Entah itu dalam bentuk gejala baru yang melemahkan atau kedok varian baru, itu telah merugikan kita semua. Pada saat seperti ini, vaksin COVID-19 telah menjadi kebutuhan saat ini. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun, kasus infeksi terobosan baru-baru ini hanya menambah keraguan dan skeptisisme seputar vaksin. Para ahli telah mulai membahas perlunya dosis tambahan vaksin COVID-19, yang dapat bekerja untuk memperkuat kemanjuran, dikutip dari Times of India.

Apa itu suntikan booster?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sementara vaksin adalah satu-satunya solusi praktis untuk krisis COVID-19, telah diamati bahwa vaksin tidak sepenuhnya efektif terhadap varian baru yang muncul dan terus meninggalkan celah tertentu di antaranya.

Sementara para ilmuwan dan ahli sedang memperluas cakrawala dan sedang dalam pembicaraan untuk mengembangkan booster atau 'penguat' dosis vaksin COVID-19, untuk memastikan kemanjuran yang lebih tinggi. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Suntikan booster adalah dosis vaksin tambahan yang memberikan perlindungan lebih baik terhadap virus. Ini untuk mengekspos kembali sistem kekebalan seseorang ke antigen imunisasi, yang ingatannya (setelah dosis sebelumnya) bisa hilang selama periode waktu tertentu.

Apakah suntikan booster COVID-19 diperlukan?

Mengingat bahwa varian baru cenderung muncul sesekali, individu yang divaksinasi lengkap tetap berisiko. Bahkan setelah menerima dua dosis vaksin, mutasi hanya membuatnya kurang efektif.

Dalam sebuah wawancara, Direktur All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) Dr Randeep Guleria mengatakan, "Tampaknya kita mungkin membutuhkan dosis booster vaksin karena seiring berjalannya waktu kekebalan cenderung turun. Ada kekebalan yang berkurang. Kami akan ingin memiliki dosis booster yang akan mencakup berbagai varian yang muncul."

"Kami akan memiliki vaksin generasi kedua yang akan lebih baik dalam hal kekebalan yang mereka berikan, mencakup varian baru dan memiliki kemanjuran yang lebih baik secara keseluruhan. Jejak suntikan vaksin booster sudah berlangsung," tambahnya.

Sebelumnya, Soumya Swaminathan, kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa tidak ada cukup bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa suntikan booster COVID mungkin terbukti efektif setelah vaksinasi COVID-19.

“Kami tidak memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat rekomendasi apakah booster akan dibutuhkan atau tidak,” kata Swaminathan.

Menurut Swaminathan, panggilan seperti itu "prematur" sementara yang paling rentan di masyarakat belum menerima vaksinasi pertama mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya