Tiga Posisi Tidur Ini Berpengaruh Terhadap Kesehatan

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

VIVA – Tidur adalah komponen penting dari kehidupan yang sehat. Jadwal tidur yang tidak sehat atau kurang tidur dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi melemahkan kekebalan, disfungsi kognitif hingga libido rendah, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur, termasuk gaya hidup dan pola makan Anda. 

Tapi tahukah Anda bahwa posisi tidur juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan masih banyak lagi? Berikut adalah tiga posisi tidur yang paling umum dan bagaimana mereka dapat memengaruhi kesehatan, dikutip dari Times of India.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Tidur tengkurap

Tidur tengkurap masih menjadi salah satu posisi tidur yang paling umum. Posisinya agak tidak nyaman dan memengaruhi tidur dengan berbagai cara.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Masalah mendengkur bisa diatasi dengan tidur tengkurap. Orang yang menderita sleep apnea juga mendapat manfaat dari tidur dalam posisi ini.

Namun posisi tersebut juga bisa menyebabkan sakit leher dan punggung. Padahal masalah sakit punggung bisa diatasi dengan menyimpan bantal di bawah perut bagian bawah.

Tidur telentang

Posisi tersebut dapat meningkatkan kesejajaran tubuh dan menjaga kesehatan tulang belakang, persendian dan otot. 

Orang yang menderita sleep apnea, sakit punggung dan mendengkur dapat menemukan kenyamanan dalam posisi ini. Ini juga membantu meredakan nyeri lutut dan pinggul.

Posisi janin

Posisi meringkuk sering terjadi pada anak-anak dan orang tua. Posisi tersebut dapat membantu mengatasi nyeri punggung bawah.

Wanita hamil bisa mendapatkan keuntungan dari posisi ini dan masalah mendengkur juga akan berkurang. Terkadang, posisi janin yang tidak nyaman dapat menyebabkan tubuh pegal dan sesak napas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya