Ternyata, Air Kelapa Ampuh Perbaiki Sel Tubuh Rusak Akibat COVID-19

air kelapa
Sumber :

VIVA – Selain obat-obatan kimia, sejumlah bahan alami telah diakui dapat membantu dalam memerangi COVID-19. Salah satunya adalah air kelapa yang dapat membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah tertular COVID-19. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Selain itu, karena memiliki begitu banyak manfaat, konsumsi air kelapa juga disebut dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat COVID-19. Benarkah demikian, ini fakta atau mitos?

Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, Sp.GK, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pernyataan yang menyatakan bahwa air kelapa dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak adalah sebuah fakta, karena mengandung asam amino. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Asam amino itu kan sebagai pembentuk protein. Ini bisa memperbaiki jaringan-jaringan di tubuh kita yang rusak dan juga di dalamnya mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas," ujarnya dalam tayangan program Hidup Sehat tvOne, Kamis 29 Juli 2021. 

Lebih lanjut dokter Feni menjelaskan, air kelapa juga menghasilkan L-arginine, yang akan menghasilkan nitric acid. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Dia sifatnya bisa melindungi organ tubuh. Salah satunya organ pankreas, dia melindungi fungsi dari sel beta pankreas, sehingga sekresi insulin akan meningkat dan dapat mengontrol gula darah," terang dia. 

Tidak hanya itu, Feni mengungkap air kelapa juga dapat menghasilkan sitokinin, bersifat anti karsinogenik dan masih banyak lagi. 

"Dia anti aging, anti karsinogenik menurunkan risiko kanker, kemudian anti trombotik bisa membantu mengencerkan darah. Jadi, memang baik sekali si air kelapa ini," tutur dr. Feni Nugraha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya