Cara Dapatkan Paket Obat COVID Gratis bagi Pasien Isolasi Mandiri

Ilustrasi obat COVID-19.
Sumber :
  • Health Europa

VIVA – Bagi pasien yang dinyatakan positif terpapar COVID-19, maka Anda bisa mendapatkan paket obat COVID gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selain obat, pasien juga bisa berkonsultasi gratis dengan para dokter melalui layanan telemedicine.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Sebelumnya, layanan ini hanya berlaku di DKI Jakarta saja. Akan tetapi, Kemenkes sudah memperluas layanannya. Kini, pasien COVID-19 yang isolasi mandiri di rumah dan berdomisili di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pun juga bisa mendapatkan layanan gratis ini.

Perlu diketahui, ada 11 platform telemedicine Indonesia yang bekerja sama dengan Kemenkes untuk menyediakan layanan konsultasi gratis bagi pasien COVID-19, yakni:

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024
  • Halodoc
  • YesDok
  • Alodokter
  • Klik Dokter
  • SehatQ
  • Good Doctor
  • KlinikGo
  • Link Sehat
  • Milvik
  • ProSehat
  • GetWell.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan layanan konsultasi dan paket obat COVID gratis ini?

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Berikut ini langkah-langkah yang bisa pasien lakukan untuk berkonsultasi gratis dengan para dokter dan mendapatkan paket obat selama isolasi mandiri di rumah, seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes.

  1. Pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.
  2. Jika hasil pemeriksaan positif dan laboratorium penyedia layanan test COVID-19 melaporkan hasil pemeriksaan ke database, maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  3. Jika tidak mendapatkan WhatsApp, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id
  4. Setelah mendapat pesan WhatsApp, pasien bisa melakukan konsultasi daring dengan dokter di salah satu aplikasi telemedicine di atas.
  5. Caranya cukup dengan menekan tautan yang terdapat di pesan WhatsApp atau tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri.
  6. Masukkan kode voucher untuk berkonsultasi gratis dan mendapat paket obat gratis.
  7. Sebelum konsultasi, pasien harus menginformasikan bahwa ia adalah pasien program Kemenkes.
  8. Selesai konsultasi, pasien akan menerima resep digital dari dokter. Hanya pasien yang masuk ke kategori isolasi mandiri yang akan mendapatkan paket obat gratis.
  9. Pengiriman obat dan/atau vitamin akan dilakukan dari apotek Kimia Farma ke alamat pasien melalui jasa ekspedisi SiCepat.

Sementara itu, untuk ada dua jenis paket obat COVID yang akan diberikan ke pasien, yakni Paket A dan Paket B. Paket A, yang diperuntukkan bagi pasien tanpa gejala berisi multivitamin C, D, E, zinc sebanyak 10 butir untuk dikonsumsi satu kali sehari.

Sedangkan untuk Paket B diperuntukkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan yang berisi multivitamin C, D, E, zinc untuk dikonsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500 mg sebanyak 5 butir untuk dikonsumsi sekali sehari, Oseltamivir 75 mg sebanyak 14 butir untuk dikonsumsi dua kali sehari, dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya