Rambut Rontok Pasca Sembuh COVID-19, Berbahayakah?

Rambut Rontok
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tak sedikit pasien COVID-19 yang telah pulih mengalami perubahan pada fungsi dan kerja organ tubuhnya. Salah satu yang kini kasusnya cukup disorot adalah rambut rontok. Berbahayakah kondisi itu?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Perubahan kondisi pasca COVID-19 dialami oleh sebagian besar pasien berupa alergi kulit berulang, ruam, mata kering, lemas, hingga kelelahan berlebih. Meski begitu, gejala lain yang mulai dikeluhkan pasien berupa rambut rontok pasca pemulihan COVID-19. 

Kondisi ini biasanya dialami oleh pasien kira-kira setelah 30 hari masa pemulihan. Namun pada beberapa pasien, telah diamati juga terjadi selama masih positif COVID-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Kami telah melihat peningkatan dua kali lipat dalam jumlah pasien yang mengeluhkan masalah yang berkaitan dengan kerontokan rambut,” kata Konsultan Senior, Bedah Kosmetik dan Plastik, Dr Shahin Nooreyez, dikutip dari laman The Health Site.

Penyebab Rambut Rontok Pasca COVID-19

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Rambut rontok

Photo :
  • http://4.bp.blogspot.com

Menurut Dokter Shahin, peradangan pasca COVID-19 telah menjadi kontributor utama kerontokan rambut yang tak terduga ini. Berbagai kekurangan yang disebabkan oleh asupan nutrisi yang terganggu, demam selama infeksi, penurunan berat badan, stres akibat virus, kecemasan terkait, perubahan hormonal yang tiba-tiba dan penurunan kadar vitamin D dan B12 adalah beberapa alasan utama banyaknya jumlah kerontokan rambut pasca COVID-19.

Kehilangan 300-400 Rambut Per Hari Adalah Tanda Telogen Effluvium

Ilustrasi rambut mudah rontok.

Photo :
  • U-Report

Normalnya seseorang bisa kehilangan hingga 100 helai rambut per hari, namun jika meningkat hingga 300-400 helai per hari, bisa jadi karena kondisi yang disebut Telogen Effluvium. Kondisi ini sekarang sering terlihat pada pasien pasca COVID-19, yang mengakibatkan kerontokan rambut sementara.

Makan Diet Bergizi Untuk Mencegah Rambut Rontok Pasca Pemulihan Covid

Menu gizi lengkap seimbang yang praktis (Dok.Pribadi)

Photo :
  • vstory

Dokter menyarankan pasien yang pulih dari COVID-19 untuk mengonsumsi makanan bergizi bersama dengan sumber vitamin dan zat besi alami yang dapat dimakan. 

“Ada dua alasan untuk itu, karena kekurangan zat besi dapat lebih mempercepat kerontokan rambut, dan konsumsi makanan kaya protein dan seimbang itu sendiri dapat menjadi solusi untuk mengurangi kerontokan rambut sementara,” katanya. 

Dia juga menyarankan untuk mencoba beberapa solusi perawatan rambut umum untuk menghindari kerontokan rambut yang berlebihan seperti: penggunaan sampo ringan, bebas paraben dan sulfat, terus memeriksa kulit kepala yang gatal dan terkelupas, menahan diri dari meminyaki dan memijat kulit kepala, dan menggunakan sisir gigi lebar.

Saatnya Menemui Dokter

Ilustrasi wanita konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Kerontokan rambut pasca COVID-19 biasanya bersifat sementara. Namun jika Anda masih mengalami kerontokan rambut yang berlebihan bahkan setelah menunggu 5-6 minggu pasca mengonsumsi makanan bergizi, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Seseorang juga harus mencari intervensi medis segera jika terjadi perkembangan kebotakan dan rambut rontok dalam jumlah besar.

Jangan Stres, Lakukan Meditasi

Meditasi.

Photo :
  • U-Report

Jangan stres dan lakukan meditasi pasca pemulihan COVID-19 untuk mengurangi kerontokan rambut. Biarkan pemulihan dan pemulihan berjalan dengan sendirinya, makan sehat, konsumsi suplemen nutrisi alami, hindari panas dan bahan kimia untuk penataan rambut dan hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak. 

“Jika kerontokan rambut masih mengkhawatirkan setelah melakukan perubahan ini, selalu disarankan untuk mencari intervensi medis. Melakukan profil darah nutrisi dan koreksi semua kekurangan akan memperlambat kerontokan rambut dan membantu pemulihan lebih cepat,” saran para ahli di Indraprastha Apollo Hospitals.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya