Positif COVID-19, Sayur dan Buah Ini Bantu Tubuh Lekas Pulih

Buah dan sayur
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Para peneliti belum menemukan obat khusus untuk mengatasi COVID-19. Meski beberapa obat telah menjadi bagian dari terapi pasien, namun cara paling baik untuk pulih dari gejala COVID-19 adalah asupan gizi yang tepat. Apa sajakah?

Mengandung Air yang Tinggi, 5 Jenis Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Bagi pasien COVID-19 bergejala ringan, diperbolehkan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman). Selain memantau saturasi oksigen, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dalam pola makan Anda.

Dengan meningkatkan imunitas melalui asupan gizi yang baik, diharapkan tubuh cepat pulih dari gejala COVID-19 yang menyerang. Lantas, apa saja sumber gizi yang harus dikonsumsi? Berikut rangkumannya dikutip dari laman The Health Site.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Tingkatkan Asupan Protein

Ilustrasi makanan tinggi protein.

Photo :
  • U-Report

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Apa manfaat protein bagi tubuh? Ini benar-benar membantu tubuh membangun kembali semua otot dan juga memperbaiki sel-sel yang rusak. Karena itu, Anda harus menambahkan lebih banyak protein ke porsi makan. 

Berikut beberapa saran makanan dari para ahli: ikan, daging tanpa lemak, pisang, kacang-kacangan dan biji-bijian, polong-polongan, telur, dan kacang-kacangan. Makanan kaya protein ini juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang juga mendukung metabolisme tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan usus.

Tambahkan Beberapa Kacang

Kacang Tanah

Photo :
  • vstory

Kacang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa yang harus diketahui semua orang, dan terutama ketika Anda terkena COVID-19. Menambahkan beberapa kacang atau biji utuh seperti biji rami, biji chia, dan biji bunga matahari dapat membantu tubuh Anda mendapatkan makanan yang baik. Juga menambah kalori yang dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan Beberapa Makanan Berbasis Kedelai

Susu Kedelai

Photo :
  • U-Report

Salah satu sumber protein yang baik adalah kedelai. Seseorang yang vegetarian juga dapat menambahkan kedelai ke dalam makanan mereka dan membantu tubuh mereka memulihkan kehilangan otot yang terjadi begitu virus corona masuk ke dalam tubuh. Tambahkan susu kedelai (tanpa pemanis), kacang kedelai, atau tempe ke dalam diet Anda setiap hari karena makanan ini dapat membantu penyembuhan dan pemulihan lebih cepat pasca-COVID-19.

Tambahkan Beberapa Sayuran

Ilustrasi jus buah dan sayuran.

Photo :
  • U-Report

Selain menambahkan protein dan kalori ke dalam makanan Anda, ketika Anda dites positif terkena virus corona, jangan pernah lupa untuk menambahkan lebih banyak sayuran ke pola makan. Perbanyak sayur seperti selada, mentimun, bayam, labu, buncis. 

Juga, konsumsilah sayuran segar ini dalam bentuk rebus atau sup karena tidak akan membunuh nutrisi sayuran. Juga, tambahkan buah-buahan segar. Menambahkan buah dan sayuran segar yang kaya vitamin dan antioksidan penting dapat membantu tubuh Anda memperkuat kemampuan daya tahannya untuk memerangi serangan virus mematikan seperti COVID-19. Beberapa buah yang dapat Anda pertimbangkan untuk ditambahkan adalah lemon, jeruk, mangga.

Hal yang Tak Boleh Terlupakan

Cek kadar gula darah..

Photo :
  • U-Report

Nah, bukan hanya apa yang Anda makan, seberapa banyak yang Anda makan juga penting. Kurangi asupan garam dan gula Anda karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula atau tingkat tekanan darah yang dapat menghambat proses pemulihan. Juga, konsumsi lebih banyak vitamin dalam makanan Anda, ini bisa berupa vitamin C, A, dan D. Tambahkan lebih sedikit bumbu, minyak ke dalam makanan Anda dan cobalah untuk makan lebih banyak makanan yang direbus daripada yang digoreng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya