5 Gejala COVID-19 yang Membutuhkan Waktu Paling Lama untuk Sembuh

COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Melawan virus corona bisa menjadi jalan yang sulit. Tidak hanya ada risiko komorbiditas yang mungkin dapat menyebabkan jangka waktu pemulihan yang lebih lama, gelombang kedua juga menunjukkan bahwa gejala yang menyerang, bisa jauh lebih parah. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dari keterlibatan paru-paru yang tinggi hingga kelelahan yang terus-menerus dan rasa tidak nyaman secara umum, banyak dari mereka yang dianggap muda dan sehat masih sulit untuk pulih setelah dites negatif.

Terlepas dari risiko COVID-19 yang berkepanjangan yang membingungkan para ahli, penelitian dan penelitian klinis telah membuktikan bahwa ada gejala COVID-19 tertentu, yang bisa memakan waktu lama untuk hilang, dikutip dari Times of India.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sesak napas dan kesulitan bernapas

Bagi pasien yang memang mengalami komplikasi pernapasan terkait COVID-19, mengalami kesulitan bernapas merupakan keluhan yang umum. Namun, dalam banyak kasus, itu juga bisa menjadi gejala yang sembuh setelah lama, dan sering membuat tubuh bergantung pada mesin pendukung eksternal. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Keluhan bisa menjadi umum di antara pasien yang memiliki tingkat keterlibatan paru-paru yang tinggi karena varian Delta, tanpa memandang usia.

Para peneliti kini juga mengamati bahwa mengalami masalah pernapasan dapat membuat pasien menderita masalah kronis jauh di kemudian hari, termasuk sesak napas dan kerusakan pada kantung udara di paru-paru.

Kelelahan

COVID-19

Photo :
  • Times of India

Mengalami tingkat kelelahan yang mengerikan dan kelelahan tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala awal COVID dan varian Delta dari virus khususnya. Sayangnya, ini juga merupakan gejala yang membutuhkan waktu sangat lama untuk sembuh. 

Beberapa terus merasa lelah selama berminggu-minggu setelah pemulihan, sementara beberapa dapat mengalami efek samping selama berbulan-bulan. Tidak hanya tubuh sangat sibuk menghasilkan antibodi dalam menanggapi virus, membuatnya 'lelah', sistem kekebalan juga dapat menghasilkan sitokin yang dapat mengakibatkan gejala yang mengerikan seperti kelelahan.

Ingatlah bahwa kelelahan meskipun biasa terjadi pada penyakit virus, melawan kelelahan dan kelemahan dengan COVID-19 adalah salah satu gejala yang mengharuskan Anda untuk beristirahat, dan tidak terlalu memaksakan diri. 

Makan makanan sehat, hidrasi diri Anda dan yang paling penting, luangkan waktu untuk melanjutkan kehidupan normal. Itulah satu-satunya cara mengatasi rasa lelah atau kram yang tidak kunjung hilang.

Perubahan pada suara dan peradangan yang berkepanjangan di tenggorokan

Radang tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Juga disebut sebagai suara 'COVID' -19, banyak orang yang berjuang keras melawan COVID dan menderita infeksi saluran pernapasan atas dapat mengalami perubahan suara setelah pemulihan. 

Perubahan tersebut, bersama dengan batuk yang berkepanjangan, peradangan yang terus-menerus, dan suara serak adalah tanda peradangan yang meluas, dan perlu beberapa saat untuk menetap dan mereda.

Meskipun dianggap sebagai perubahan 'sementara', perubahan suara Anda, upaya saat menggunakannya dapat diamati dan disamakan dengan pemulihan dari flu. Namun, efek sampingnya, tidak seperti flu, dianggap lebih intens dan tahan lama.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hilangnya penciuman dan rasa (gejala umum dengan varian asli virus) juga membutuhkan waktu lama untuk kembali normal.

Fibrosis paru-paru dan keterlibatan tinggi

Fibrosis paru-paru yang dapat berkembang pasca pertempuran COVID dianggap sebagai salah satu gejala jangka panjang yang diderita. Dengan gelombang Delta, keterlibatan paru-paru yang parah telah menjadi gejala infeksi yang parah, dan sering kali dapat menyebabkan kerusakan yang bertahan lama.

Tergantung pada tingkat keparahan infeksi dan komplikasi Anda, terkadang, pemulihan dari komplikasi pernapasan seperti ini bisa memakan waktu lama. Pasien dengan keterlibatan paru-paru yang parah juga dapat diberikan obat pemeliharaan berat, perawatan suportif untuk mengelola gejala. 

Fibrosis paru-paru yang dapat berkembang pasca melawan COVID-19 dianggap sebagai salah satu gejala jangka panjang yang diderita terbaru. Dengan gelombang Delta, keterlibatan paru-paru yang parah telah menjadi gejala infeksi yang parah, dan sering kali dapat menyebabkan kerusakan yang bertahan lama. 

Tergantung pada tingkat keparahan infeksi dan komplikasi Anda, terkadang, pemulihan dari komplikasi pernapasan seperti ini bisa memakan waktu lama. Pasien dengan keterlibatan paru-paru yang parah juga dapat diberikan obat pemeliharaan berat, perawatan suportif untuk mengelola gejala.

Sakit badan dan nyeri

Nyeri badan

Photo :
  • Times of India

Mialgia dengan infeksi COVID-19 bisa sangat melemahkan tubuh dan dari bukti anekdot, butuh waktu lama untuk sembuh. Peradangan yang disebabkan oleh sitokin dapat menyebabkan banyak rasa sakit, nyeri dan kekakuan bahkan setelah melawan infeksi.

 Itu juga salah satu tanda paling umum dari Long COVID yang dilaporkan oleh orang-orang yang telah pulih dari COVID-19. Salah satu cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan adalah dengan beristirahat dan memulihkan diri dengan benar dan mengikuti semua pengobatan.

Apa yang harus dilakukan jika tidak merasa baik-baik saja?

Beberapa gejala ini tidak hanya terkait dengan COVID-19 (atau sindrom pasca-COVID-19), penting untuk diingat bahwa gejala penyakit yang berkepanjangan memerlukan banyak perawatan dan perhatian karena beberapa di antaranya sangat memengaruhi kesehatan vital Anda. 

Semakin parah kasus COVID-19 Anda, semakin lama, dan semakin rumit gejala pasca pemulihan yang jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, gejalanya mungkin tidak selalu identik dengan kasus rawat inap saja, jadi berhati-hatilah.

Dokter spesialis juga dapat mendiagnosis keparahan gejala Anda, membantu mengobati gejala yang lebih ringan, mengeluarkan rekomendasi untuk gejala yang serius, dan memandu Anda untuk merawat diri sendiri dengan baik.

Mendapatkan vaksinasi, pada waktu yang tepat, mungkin juga menawarkan kelonggaran dari gejala jangka panjang tertentu, jadi dapatkan suntikan saat Anda bisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya