Studi: Diet dengan Konsumsi Millet Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Millet dan diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sebuah studi baru menunjukkan bahwa makan millet mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan membantu mengelola kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Millet adalah tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di daerah gersang. Meskipun bentuknya tidak menarik, namun kandungannya sangat bergizi. 

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Dikutip dari Times of India, studi ini menunjukkan potensi untuk merancang makanan yang tepat dengan millet untuk penderita diabetes dan pra-diabetes serta untuk orang non-diabetes sebagai pendekatan pencegahan. 

Berdasarkan penelitian dari 11 negara, penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi millet sebagai bagian dari diet harian mereka mengalami penurunan kadar glukosa darah 12-15% (puasa dan setelah makan), dan kadar glukosa darah turun, dari diabetes ke tingkat pra-diabetes.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Tingkat HbA1c (glukosa darah yang terikat pada hemoglobin) turun rata-rata 17% untuk individu pra-diabetes, dan kadarnya berubah dari status pradiabetes menjadi normal. Temuan ini menegaskan bahwa makan millet dapat menyebabkan respons glikemik yang lebih baik.

Para penulis meninjau 80 studi yang diterbitkan di mana 65 memenuhi syarat untuk meta-analisis yang melibatkan sekitar 1.000 subjek manusia, menjadikan analisis ini sebagai tinjauan sistematis terbesar pada topik tersebut hingga saat ini, kata Institut Penelitian Tanaman Internasional untuk Daerah Tropis Semi-Arid (ICRISAT).

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

"Tidak ada yang tahu ada begitu banyak penelitian ilmiah yang dilakukan pada efek millet pada diabetes. Manfaat ini sering diperdebatkan, dan tinjauan sistematis dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah ini telah membuktikan bahwa millet menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali, mengurangi risiko diabetes. diabetes, dan telah menunjukkan seberapa baik makanan pintar ini melakukannya," kata Dr. S Anitha, penulis utama studi tersebut dan ilmuwan nutrisi senior di International Crops Research Institute for the Semi-Arid Tropics (ICRISAT).

"Studi ini memberikan salah satu bagian dari solusi yang berguna bagi individu dan pemerintah. 
Bagaimana kita menggunakan ini dan mengimplementasikannya ke dalam program perlu perencanaan yang matang," kata Hemalatha, Direktur National Institute of Nutrition (NIN).

Raj Bhandari, salah satu penulis penelitian dan perwakilan di Dewan Nutrisi Teknis Nasional India, mencatat bahwa perhatian tambahan terhadap kesehatan kita telah dipercepat karena COVID-19 dan penderita diabetes bahkan lebih rentan terhadap virus. 

"Diet kita memainkan peran penting dan jika kita bisa membawa millet kembali sebagai bagian utama dari diet kita, kita tidak hanya akan membantu mengendalikan diabetes, tetapi kita juga akan menambahkan nutrisi penting ke piring kita," tuturnya.

Menurut International Diabetes Association, diabetes meningkat di semua wilayah di dunia. India, China, dan AS memiliki jumlah penderita diabetes tertinggi. Afrika memiliki perkiraan peningkatan terbesar sebesar 143% dari 2019 hingga 2045, Timur Tengah dan Afrika Utara 96% dan Asia Tenggara 74%.  Para penulis mendesak diversifikasi makanan pokok dengan millet untuk menjaga diabetes, terutama di seluruh Asia dan Afrika.

Memperkuat kasus untuk mengembalikan millet sebagai makanan pokok, penelitian ini menemukan bahwa millet memiliki indeks glikemik (GI) rata-rata rendah sebesar 52,7, indeks glikemik (GI) sekitar 30% lebih rendah daripada beras giling dan gandum olahan, dan sekitar 14-37 poin GI lebih rendah, dibandingkan dengan jagung. 

Semua 11 jenis millet yang diteliti memiliki GI rendah (<55) atau sedang (55-69), GI menjadi indikator seberapa banyak dan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah

Kajian tersebut menyimpulkan bahwa bahkan setelah merebus, memanggang, dan mengukus (cara paling umum memasak biji-bijian) millet memiliki GI lebih rendah daripada beras, gandum, dan jagung.

Ilustrasi makanan berserat.

Photo :
  • U-Report

Menurut Dr. Jacqueline Hughes, Direktur Jenderal ICRISAT, krisis kesehatan global kekurangan gizi dan kelebihan gizi yang hidup berdampingan adalah tanda bahwa sistem pangan perlu diperbaiki. Keragaman yang lebih besar baik di pertanian maupun di atas piring adalah kunci untuk mengubah sistem pangan. 

"Keragaman di pertanian adalah strategi mitigasi risiko untuk petani dalam menghadapi perubahan iklim sementara keragaman di atas piring membantu melawan penyakit gaya hidup seperti diabetes. Millet adalah bagian dari solusi untuk mengurangi tantangan yang terkait dengan kekurangan gizi, kesehatan manusia, degradasi sumber daya alam, dan perubahan iklim. Penelitian trans-disiplin yang melibatkan banyak pemangku kepentingan diperlukan untuk menciptakan sistem pangan yang tangguh, berkelanjutan, dan bergizi,” katanya.

Kajian ini merupakan yang pertama dari rangkaian kajian yang telah digarap selama empat tahun terakhir sebagai bagian dari inisiatif Smart Food yang dipimpin oleh ICRISAT yang akan diluncurkan secara bertahap pada 2021. 

Termasuk tinjauan sistematis dengan meta-analisis dampak dari millet pada: diabetes, anemia dan kebutuhan zat besi, kolesterol dan penyakit kardiovaskular dan kekurangan kalsium serta tinjauan kadar seng.

"Sebagai bagian dari ini, ICRISAT dan Institute for Food Nutrition and Health di University of Reading telah membentuk kemitraan strategis untuk meneliti dan mempromosikan visi Smart Food untuk membuat pola makan kita lebih sehat, lebih berkelanjutan terhadap lingkungan dan baik bagi mereka yang memproduksinya ," kata  Joanna Kane-Potaka, rekan penulis dari ICRISAT dan Direktur Eksekutif inisiatif Smart Food.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya