Video: Penting, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Asma

Ilustrasi asma.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Asma adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak (sulit bernapas). Selain membuat pengidapnya sulit bernapas, asma juga bisa menimbulkan gejala lainnya seperti mengi, batuk-batuk, dan nyeri dada. 

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Saluran pernapasan pada pengidap asma lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain tanpa asma. Ketika paru-paru teriritasi akibat zat pemicu (asap rokok, debu, bulu binatang, dll.), maka otot-otot saluran pernapasan pada pengidapnya menjadi kaku dan menyempit. 

"Asma adalah gangguan pernapasan yang bersifat akut, yang gejala klinisnya bervariasi mulai dari batuk ringan sampai sesak napas. Disebabkan oleh berbagai macam epiologi yang mulai dari alergi sampai dengan latihan , juga makanan dan obat-obatan tertentu," kata  Dokter Spesialis Paru, dr. Yahya, Sp.P .

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Berikut ini penjelasan dokter Yahya, untuk mengetahui penyebab dan cara mengobati asma, simak video ini ya. 

Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024