Turun Berat Badan 2kg Seminggu Saat Diet, Sehatkah?

Ilustrasi diet/menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebagian besar orang ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Mereka bereksperimen dengan melakukan metode diet yang tak biasa atau dalam beberapa kasus, melakukan olahraga secara berlebihan.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Namun, penting untuk dipahami bahwa menurunkan berat badan juga butuh waktu dan upaya yang seimbang. Menetapkan tujuan yang tidak realistis dan menahan lapar, tidak akan memberikan hasil yang positif. Cara tersebut hanya akan menimbulkan masalah kesehatan dan dalam beberapa kasus, malah menambah berat badan.

Jika kamu menahan lapar demi menurunkan 10 Kg sekaligus, maka tentu saja cara itu tidak sehat. Menurunkan berat badan harus tetap dengan cara yang sederhana dan sehat. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Seseorang harus menghindari metode diet yang menjanjikan penurunan berat badan dalam jumlah besar dan memaksa kamu menahan lapar. Karena cara tersebut tidaklah sehat dan hanya akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berulang.

Dilansir Times of India, ketika mencoba menurunkan berat badan, membuat rencana makan dan olahraga dengan tujuan menjadi lebih sehat, sangat penting tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk mempertahankannya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan olahraga angkat beban yang dikombinasikan dengan beberapa latihan interval dengan intensitas tinggi, serta rencana diet yang bergizi, sehingga dapat mendorong metabolisme yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan berlebih. Latihan aerobik dalam keadaan stabil juga dapat membantu membakar kalori.

Metode diet yang menjanjikan penurunan berat badan ekstrem dalam waktu singkat dan tidak berkelanjutan, pada akhirnya akan mengarah pada kembalinya pola makan yang biasa. Selain itu, masih ada banyak alasan mengapa program penurunan berat badan jangka pendek, hanya akan menyebabkan berat badan naik kembali. 

Ketika tubuh menurunkan berat badan dengan cepat dan merasa lapar, tubuh akan merespons dengan cepat. Jika kamu kehilangan 1-2 Kg per minggu, tubuh kamu akan menyesuaikan dan mulai percaya bahwa ini adalah berat badan yang seharusnya, dan kamu juga tidak akan tersiksa karena merasa lapar. 

Selain itu, penurunan berat badan yang terlalu cepat, juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang serius dalam tubuh, yang kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh atau sel. Lalu, bagaimana memilih metode diet yang sempurna? 

Buatlah rencana makan yang sehat. Kamu harus mengontrol porsi makan, menghindari asupan gula, garam dan lemak jenuh secara berlebihan. Di mana semuanya berkontribusi menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Untuk olahraga, durasi satu jam setiap hari sudah lebih dari cukup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya