dr Zaidul Akbar: Ini Tanda Lemahnya Imunitas Seseorang

Ilustrasi tubuh sehat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Makanan yang kita konsumsi sehari-hari, bisa memberikan dampak yang baik dan buruk untuk tubuh. Jika dikonsumsi dengan benar, tentu akan berefek baik. Begitu pun sebaliknya. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Salah satu yang dapat memberikan efek buruk adalah jika mengonsumsi makanan secara berlebihan. Bahkan, menurut dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, makan berlebihan bisa melemahkan imunitas seseorang lho. 

Dalam video yang diunggah di channel Youtube-nya, dokter Zaidul mengatakan, fenomena berlebihan bisa menyebabkan masalah besar. Termasuk, dalam hal mengonsumsi makanan. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

"Artinya makanan yang dimakan seseorang, bukan cuma berefek meningkatkan imunitasnya kalau dimakan dalam jumlah yang proporsional. Kalaupun yang dimakan itu baik tapi jika berlebihan, dapat melemahkan imunitas," ujarnya di Youtube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip VIVA, Selasa 2 Agustus 2021. 

Lebih lanjut, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu mengambil kurma sebagai salah satu contoh. 

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Contoh kurma. Kurma kan baik, tapi ketika seseorang makan berlebihan, masalah juga buat badannya. Makanya dalam Islam konteks makan dijelaskan oleh Nabi (Muhammad) SAW. Nabi menjelaskan, sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk udara," kata dia. 

Jika cara tersebut saja kita terapkan, menurut Zaidul, tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. 

"Makan bukan untuk kenyang, itu poin yang sangat penting. Bacalah dalam hadis, apakah Nabi kita SAW pernah berlebihan dalam urusan makan atau bahkan kenyang? Bahkan disebutkan dalam sebuah riwayat, Nabi kita SAW itu bahkan pernah 1 bulan penuh bersama istri beliau Aisyah Radiallahu Anhu, itu cuma makan kurma sama air," tuturnya.

Meski kebutuhan kalori kita tidak akan terpenuhi jika hanya mengonsumsi air dan kurma, namun Zaidul mengatakan, berbagai kandungan sehat yang terdapat pada kurma, akan mampu membersihkan tubuh. 

"Ketika kurma dimasukin ke dalam badan kita, sebagai salah satu sumber asam amino yang terbaik dengan vitaminnya, mineralnya, dengan segala macam bahan-bahan pentingnya, termasuk gulanya yang ada dalam situ, maka yang terjadi tubuh akan bersih banget," ungkap dia. 

"Makanya saya pernah bilang, salah satu protokol detoks yang paling mudah atau konsep detoks yang paling mudah itu adalah sebulan gak usah makan apa-apa, kecuali kurma sama air," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya