Kopi Vs Cokelat, Mana Lebih Baik untuk Memulai Hari?

Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Memulai hari di kala mentari menyinari biasanya dengan secangkir minuman hangat, entah itu kopi atau cokelat. Bicara mengenai kedua minuman itu, mana yang sebenarnya lebih baik dikonsumsi bagi tubuh saat pagi hari ya?

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Ahli gizi Aakriti Arora mengatakan bahwa kopi dan coklat memiliki jumlah antioksidan yang tinggi dan kaya akan kafein. Keduanya memiliki banyak efek positif pada kesehatan seseorang ketika dipertimbangkan dalam jumlah yang tepat.

"Tentu, pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang tepat juga," ujarnya dikutip dari laman The Health Site.  

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Mari kita lihat dulu apa saja kandungan masing-masing bahan ini dan manfaat kesehatannya.

Manfaat kopi bagi kesehatan

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Kopi

Photo :
  • Times of India

Mari kita lihat minuman favorit kita sepanjang masa: kopi. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa konsumen kopi memiliki risiko jangka panjang yang lebih rendah dari beberapa penyakit utama.

Menurut ahli gizi, kopi meningkatkan tingkat energi seseorang karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan fungsi mental secara umum.

"Kopi juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 10% dan membantu menghilangkan lemak. Ketika diminum sebagai pra-latihan, kopi dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak seseorang yang mengarah pada peningkatan signifikan dalam kinerja fisik," tutur ahli gizi tersebut.

Tidak hanya itu, tetapi sayang kita kopi juga mengandung vitamin B kompleks, Mangan, dan Kalium. Kopi juga melindungi dari kerusakan hati! Risiko terkena sirosis, suatu kondisi di mana hati Anda sebagian besar digantikan oleh jaringan parut, juga diturunkan dengan konsumsi kopi secara teratur.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kopi mengandung antioksidan tinggi, dan kebanyakan orang mengonsumsi lebih banyak antioksidan dari kopi daripada gabungan buah dan sayuran. Selain itu, minuman sederhana ini dapat membantu meringankan depresi dan meningkatkan mood seseorang.

Manfaat kesehatan cokelat

cokelat panas

Photo :
  • U-Report

Ahli gizi Arora menjelaskan bahwa cokelat adalah makanan lezat, yang sering dikonsumsi dengan banyak gula, krim, tepung halus, dan lemak. Meskipun dark chocolate kaya akan serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan beberapa mineral lainnya, manfaatnya tidak sampai kepada kita karena zat aditif yang disebutkan di atas. 

"Namun ketika dikonsumsi dalam bentuk mentah - Cocoa Nibs - atau dalam bentuk sedikit diproses - 98% hingga 99% Dark Chocolate - memiliki banyak manfaat yang diketahui umat manusia. Bubuk Kakao Organik dan cokelat hitam memiliki berbagai macam antioksidan kuat, sama seperti kopi kita tercinta. Cokelat tidak hanya menyembuhkan patah hati tetapi juga meningkatkan aliran darah di arteri kita," tuturnya.

Lebih lanjut menjelaskan manfaat cokelat, ia menyebutkan bahwa cokelat juga mengurangi kerentanan LDL (kolesterol jahat) terhadap kerusakan oksidatif sambil meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan sensitivitas insulin. Cokelat hitam mengandung zat seperti kafein dan theobromine, yang meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Kopi vs cokelat

Sekarang sampai pada pertanyaan mana yang lebih sehat untuk Anda, ahli gizi yang berbasis di Delhi mengatakan bahwa keduanya sama-sama sehat. Namun, semua tergantung pada manfaat yang Anda cari, Anda dapat memilih salah satunya.

"Anda juga dapat memasukkan kedua antioksidan kuat ini dalam diet Anda dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat maksimal. Tapi ingat, kopi dan cokelat hanya akan bermanfaat bagi Anda. bila dikonsumsi dengan cara yang benar, yaitu tanpa tambahan gula, krim dan segala sesuatu yang diproses!," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya