Dampak Konsumsi Makanan-Minuman Tinggi Gula Bagi Penyintas COVID-19

Ilustrasi makanan manis/cupcakes.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Setelah sembuh dari COVID-19, pasien harus terus menjaga imunitas tubuh agar tetap bugar. Untuk itu, ada beberapa makanan sehat yang sebaiknya rutin dikonsumsi.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Selain itu, penyintas COVID-19 juga disarankan untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan. Hal ini penting agar kondisi tubuh tidak memburuk pasca dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Salah satu, makanan yang harus dihindari oleh penyintas COVID-19 adalah makanan dan minuman yang mengandung gula. Hal ini lantaran dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"Hati-hati makan makanan dan minuman tinggi gula saat pandemi dan pasca terinfeksi COVID-19. karena makanan tinggi gula dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh kita dimana terinfeksi COVID-19 akan terjadi inflamasi bahkan bertambah berat terjadi badai sitokin. Jangan sampai mengonsumsi makanan yang mencetuskan kembali peradangan salah satunya makanan dan minuman manis," kata dr Feni Nugraha, MARS, MGizi, SpGK. dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 5 Agustus 2021.

Lebih lanjut, Feni juga menjelaskan bahwa pasca terinfeksi COVID- 19 jangan sampai mengonsumsi makanan dan minuman manis lantaran dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

"Makanan yang tinggi gula akan menurunkan daya tahan tubuh mengganggu kerja sel darah putih dan mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus. harus hati-hati," kata Feni.

Feni melanjutkan untuk itu, Kementerian Kesehatan telah memberikan panduan batasan konsumsi harian gula. Dimana dalam satu hari batasan asupan gula harian adalah sebesar 50 gram atau 4 sdm per hari.

Di sisi lain, untuk memulihkan kondisi tubuh, penting bagi penyintas mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Mulai dari karbohidrat yang bisa berasal dari beras merah, ubi hingga kentang.

Kemudian konsumsi protein, makanan protein tinggi juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Makanan protein tinggi ini bisa kamu tambahkan pada menu makan harian mu. Makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging sapi, tahu, tempe, ikan, telur, ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya