Jangan Sepelekan, 5 Kondisi Mata Ini Merupakan Gejala Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes adalah epidemi yang berkembang dan memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Terlebih, pola hidup buruk di masa pandemi ini dapat memicu kerentanan terhadap diabetes lantaran kerap berada di rumah sepanjang hari.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Sebagian masyarakat baru mengenali beberapa gejala umum diabetes seperti sering buang air kecil, penurunan berat badan tiba-tiba, kelaparan, tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan, kulit kering, infeksi, dan kelelahan kronis. Tapi tahukah Anda bahwa diabetes juga dapat memengaruhi mata

Berikut adalah beberapa tanda diabetes penting di mata yang kerap diabaikan, dikutip dari laman The Health Site.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pandangan yang kabur

Tanda diabetes

Photo :
  • Times of India
KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tidak dapat melihat rambu jalan di jalan saat Anda mengemudi? Seringkali, petunjuk pertama adalah bahwa Anda mungkin menderita diabetes. Diabetes dapat memiliki beberapa faktor, karena mungkin merupakan indikasi bahwa kadar glukosa Anda di luar kisaran yakni terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Cairan itu bocor ke lensa mata Anda bisa menjadi penyebab penglihatan kabur Anda. Lensa membengkak dan berubah bentuk sebagai akibatnya. Perubahan ini membuat mata Anda sulit untuk fokus, menyebabkan semuanya tampak kabur.

Kelelahan mata kronis

Terkadang bekerja berjam-jam dapat menyebabkan ketegangan pada mata Anda, tapi itu juga bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer atau bahan bacaan yang terlalu kecil dapat juga menjadi pemicunya.

Namun, jika ketidaknyamanan Anda tidak hilang dengan cepat setelah mengistirahatkan mata, atau jika berlangsung selama tiga hari atau lebih, Anda mungkin menghadapi sesuatu yang lebih serius daripada kelelahan mata normal, seperti diabetes.

Sensitivitas cahaya

Pernahkah Anda mendeteksi kepekaan mendadak terhadap cahaya? Infeksi, lecet kornea, dan penyakit tertentu, seperti meningitis, mungkin membuat penglihatan Anda lebih sensitif terhadap cahaya dari biasanya.

Jika Anda mendeteksi kepekaan mendadak terhadap cahaya yang tidak hilang setelah waktu yang singkat atau kembali secara teratur, Anda harus berkonsultasi dengan dokter karena ada kemungkinan bahaya diabetes.

Gangguan penglihatan

Ilustrasi mata buram.

Photo :
  • U-Report

Bintik-bintik hitam atau floaters yang tampak bergerak di mata Anda adalah contoh gangguan penglihatan yang dapat mengindikasikan masalah mata yang signifikan.

Jika gejala-gejala ini muncul secara tiba-tiba, baik disertai sakit kepala maupun tidak, Anda harus mencari bantuan medis darurat dari dokter mata. Gangguan seperti ini mungkin disebabkan oleh lubang retina atau ablasio retina. Yang terbaik adalah memeriksakan diri untuk tanda diabetes oleh dokter Anda.

Ketidakmampuan untuk fokus

Apakah Anda mengalami kekaburan setiap kali mencoba untuk fokus pada satu objek? Sementara kesulitan dalam fokus bisa berasal dari masalah seperti terlalu banyak waktu layar atau membaca cetakan kecil, tetapi juga bisa menjadi indikasi masalah yang lebih besar.

Jangan abaikan jika Anda mengalami kesulitan fokus pada satu hal dalam penglihatan Anda, atau jika Anda melihat adanya kekaburan ketika Anda mencoba untuk fokus pada satu objek. Ini adalah beberapa tanda bahwa Anda harus diperiksa untuk pemeriksaan diabetes untuk menyingkirkan masalah serius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya