Meski Manis, 5 Camilan Lezat Ini Tetap Ramah Diabetes

Ilustrasi camilan sehat
Ilustrasi camilan sehat
Sumber :
  • Pexels/Anastasia Zhenina

VIVA – Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan manis yang rendah karbohidrat dan mengandung tambahan gula, akan menjadi masalah. Selain itu, mencari camilan atau makanan ringan yang tinggi serat, protein dan lemak sehat untuk mengontrol gula darah, juga sangat sulit.

Untungnya, ada banyak pilihan nutrisi yang tersedia. Berikut beberapa camilan manis yang tetal aman untuk para penderita diabetes, dilansir Healthline, Jumat 6 Agustus 2021.

1. Cokelat hitam

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, cokelat hitam tetap dapat memuaskan keinginanmu untuk mengonsumsi camilan manis. Cokelat hitam kaya akan flavonoid, senyawa yang dapat bantu mencegah resistensi insulin dan melindungi dari masalah jantung bagi penderita diabetes. Pilihlah cokelat hitam yang mengandung kakao minimal 70 persen.

2. Pir

Pir adalah sumber serat yang bagus. Diketahui, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian, konsumsi pir segar efektif membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

3. Apel