Meski Manis, 5 Camilan Lezat Ini Tetap Ramah Diabetes

Ilustrasi camilan sehat
Sumber :
  • Pexels/Anastasia Zhenina

VIVA – Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan manis yang rendah karbohidrat dan mengandung tambahan gula, akan menjadi masalah. Selain itu, mencari camilan atau makanan ringan yang tinggi serat, protein dan lemak sehat untuk mengontrol gula darah, juga sangat sulit.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Untungnya, ada banyak pilihan nutrisi yang tersedia. Berikut beberapa camilan manis yang tetal aman untuk para penderita diabetes, dilansir Healthline, Jumat 6 Agustus 2021.

1. Cokelat hitam

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, cokelat hitam tetap dapat memuaskan keinginanmu untuk mengonsumsi camilan manis. Cokelat hitam kaya akan flavonoid, senyawa yang dapat bantu mencegah resistensi insulin dan melindungi dari masalah jantung bagi penderita diabetes. Pilihlah cokelat hitam yang mengandung kakao minimal 70 persen.

2. Pir

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Pir adalah sumber serat yang bagus. Diketahui, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian, konsumsi pir segar efektif membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

3. Apel

Apel mengandung indeks glikemik rendah. Sebuah penelitian mengungkap, mengonsumsi apel sebelum makan nasi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dibandingkan Jika hanya mengonsumsi nasi saja.

4. Anggur

Buah satu ini bisa menjadi pilihan makanan sehat berserat tinggi untuk penderita diabetes. Anggur merah juga sarat dengan antioksidan dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes.

5. Yogurt Yunani

Dalam 200 gram yogurt Yunani mengandung 20 gram protein. Ini berarti yogurt jenis ini bisa menjadi pilihan camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes. 

Yang cukup menarik, beberapa penelitian menunjukkan, suplementasi harian yogurt yang diperkaya dengan vitamin D dan probiotik, dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Cobalah pilih yogurt plain atau tanpa rasa. Untuk menambahkan rasa manis, tambahkan buah-buahan favoritmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya