Miris, Penderita Kanker Paru Meningkat di Kalangan Non Perokok

Ilustrasi berhenti merokok.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Kebiasaan merokok membuat orang berisiko terkena banyak penyakit, mulai dari kanker, masalah paru-paru, gangguan lambung, hingga memengaruhi tingkat kesuburan seseorang.

Pengurangan Bahaya Tembakau, Alternatif bagi Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaannya

Yang mengkhawatirkan adalah, mayoritas perokok didominasi oleh usia dewasa muda. Banyak remaja yang menjadi korban merokok tanpa sepenuhnya menyadari dampaknya bagi kesehatan mereka.

Kebiasaan merokok biasanya dimulai sejak usia remaja yang justru lebih berbahaya dibanding yang baru mulai merokok di usia yang lebih tua. Banyak yang tidak menyadari bahwa paru-paru mereka masih berkembang selama masa remaja dan tembakau yang mereka hisap hanya akan menyebabkan penurunan pertumbuhan dan fungsi paru-paru.

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Selain itu, rokok juga mengandung zat beracun seperti nikotin dan sianida yang dapat membunuh seseorang secara perlahan. Seringkali dampak kumulatif dari merokok selama bertahun-tahun akan mengarah pada kanker paru-paru.

Dilansir Times of India, faktanya jumlah kasus kanker paru di India justru meningkat sebesar 51 persen di kalangan non perokok atau perokok pasif. Mereka yang tidak merokok namun berada di sekitar temannya yang merokok juga menjadi alasan lain untuk peningkatan insiden ini. 

Riset Universitas Bern: Vape Efektif Bantu Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaan Merokok

Udara dan asap yang tercemar menyebabkan perubahan pada tingkat molekuler di paru-paru, sehingga menimbulkan kondisi kritis seperti itu. Menghirup asap rokok yang mengandung nikotin, bahan kimia beracun dan karsinogen, juga sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang. 

Perokok pasif juga dapat mengembangkan beberapa masalah kesehatan, seperti bronkitis, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), kanker paru-paru, dan lain-lain. 

Bahaya kesehatan merokok secara umum, baik aktif maupun pasif, yaitu meningkatkan risiko serangan jantung, PPOK, stroke dan kanker. Bahan kimia dalam asap rokok dapat membahayakan pembuluh darah dan jantung yang menyebabkan stroke. 

Pada sebagian besar kasus serangan jantung yang dialami orang dewasa muda, merokok merupakan faktor dominan. Beberapa efek jangka pendek pada usia anak, termasuk berbagai penyakit pernapasan, memperburuk stamina, risiko infeksi COVID-19 yang lebih tinggi, masalah ginjal dan kandung kemih, hipertensi dan lain-lain. 

Oleh karena itu, berhenti merokok adalah cara yang paling efektif untuk menyelamatkan hidup kamu dan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya