14 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Minyak kemiri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Minyak kemiri memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Minyak kemiri ini berasal dari buah pohon kemiri yang banyak tumbuh di iklim tropis, termasuk Indonesia.

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Bentuk buah kemiri seperti kacang walnut berwarna putih atau kekuningan. Berikut khasiat dari minyak kemiri yang dikutip dari berbagai sumber.

14 manfaat minyak kemiri untuk rambut

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
  1. Mencegah rambut kering

Kandungan asam amino dan asam lemak esensial dapat menembus kedalam lapisan kulit kepala membantu mengatasi rambuut kering dan kusut. Dengan menggunakan minyak kemiri maka rambut akan terasa lebih lembab dan sehat.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?
  1. Memberi Nutrisi Pada Rambut

Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam kemiri dipercaya dapat menutrisi akar rambut yang menjaga Kesehatan rambut.

  1. Membuat rambut hitam berkilau

Minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut. Manfaat minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut diyakini mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut Anda akan tampak berkilau hitam alami.

  1. Menumbuhkan rambut

Minyak kemiri juga mampu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Maka, anda bisa mencoba menggunakan minyak kemiri apabila mengalami rambut rontok, agar rambut anda bisa tumbuh tebal.

  1. Memperkuat rambut

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk memperkuat rambut. Kandungan asam linoleat dan linolenat yang dapat melapisi, menutrisi, dan melembabkan rambut, bahkan memperbaiki masalah pada rambut bercabang. 

  1. Melembapkan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri juga dapat melembapkan kulit kepala. Hal ini karena minyak kemiri mengandung tanin yang bertindak sebagai antioksidan.Kandungan tanin pada minyak kemiri dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

  1. Mengatasi ketombe

Kandungan antiradang pada kemiri dapat mengatasi masalah ketombe. Khasiat ini terdapat pada kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. Tidak hanya berfungsi sebagai antiradang, namun mampu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

  1. Melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari

Minyak kemiri juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Khasiat minyak kemiri untuk rambut satu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E diketahui dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

  1. Aman untuk kulit kepala sensitif

Banyak produk kecantikan rambut yang tidak aman digunakan pada kulit kepala. Namun, minyak kemiri ini sangat aman untuk kulit yang sensitif. Produk kecantikan rambut alami, minyak kemiri ini dipercaya aman bagi kulit.

  1. Menghitamkan Uban

Bertambahnya usia, biasanya muncul uban dalam jumlah banyak. Keadaan ini biasanya membuat orang mencari cara untuk menghitamkan rambutnya. Selain mewarnai rambut dengan pewarna rambut, cara alami untuk mengembalikan warna uban yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Karena minyak kemiri mempunyai kemampuan memberikan warna hitam alami pada rambut.

  1. Menumbuhkan Kumis dan Jenggot

Minyak kemiri merupakan salah satu cara untuk merawat kumis dan jenggot. Karena, terkadang beberapa pria memiliki keinginan untuk memiliki kumis dan janggut. Namun, menumbuhkan kumis dan jenggot tidak semudah kelihatannya.

Perawatan perlu dilakukan dan menutrisi akar rambut agar tumbuh lebat. Anda bisa menggunakan minyak kemiri apabila anda ingin menumbuhkan kumis dan jenggot, dengan cara mengoleskan minyak kemiri secara teratur ke bagian yang kumis dan jenggot. Hal ini dapat menutrisi akar rambut di bagian kumis dan jenggot agar tumbuh lebih subur.

  1. Alis dan Bulu Mata Lebih Tebal

Biasanya, wanita ingin sekali memiliki alis dan bulu mata yang tebal. Berbagai cara dilakukannya untuk mendapatkan alis dan bulu mata sebagai pelengkap kecantikannya. Maka, anda bisa menggunakan minyak kemiri sebagai alternatifnya. Caranya gunakan secara rutin minyak kemiri pada alis dan bulu mata.

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Salah satu kandungan minyak kemiri yaitu miristat. Zat ini memiliki kemampuan yang sama dengan obat kutu rambut. Sehingga dapat membantu mengilangkan kutu pada rambut. 

Minyak kemiri ini akan membunuh kutu rambut dan membuatnya tidak lagi bersarang di kepala dan bekas luka di kulit kepala akibat kutu rambut bisa langsung hilang.

  1. Membuat Rambut Lebih Tebal dan Lebat

Nutrisi yang terdapat pada kemiri dapat membantu folikel rambut mendapatkan makanan yang sehat. Sehingga, dengan menggunakan minyak kemiri ini rambut bisa tumbuh lebih sehat, halus dan tebal di setiap helainya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya