6 Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami

Ilustrasi menutup mulut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seringkali kita merasakan cegukan karena beberapa faktor. Ada yang merasakan cegukan dalam jangka waktu yang tidak lama, namun ada juga yang berlangsung lama. Hal ini membuat kita tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Banyak faktor penyebab cegukan terjadi. Seperti terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, makan banyak dalam waktu yang singkat, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut akan mengakibatkan cegukkan. Berikut terdapat beberapa cara untuk mengatasai cegukan dikutip dari berbagai sumber.

6 cara mengatasi cegukkan secara alami

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi
  1. Menutup hidung

Menutup hidung menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan cegukan. Caranya, tutup hidung anda sambil meminum air putih sampai cegukannya mereda.

Cari Orang Hilang dengan Google Maps, Begini Caranya
  1. Menahan napas

Menahan napas menjadi salah satu cara yang paling mudah dan populer untuk menghilangkan cegukan. Caranya, tarik napas sedalam mungkin dan menahannya selama 10-20 detik, kemudian hembuskan secara perlahan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan lainnya. Cobalah menarik napas selama 5 detik dan juga mengembuskannya selama 5 detik. Ulangi kedua cara tersebut hingga cegukan menghilang.

  1. Menekan diafragma

Alternatif lain untuk menghilangkan cegukkan yaitu dengan cara menekan diafragma. Diafragma terletak di antara perut dan dada. Cara ini dipercaya dapat membantu diafragma lebih rileks. Namun, hindari menekan terlalu keras karena bisa berakibat fatal.

  1. Bernapas dengan kantong kertas

Jika anda menggunakan metode ini, siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung Anda, namun jangan sampai menutup ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung Anda sudah tertutupi oleh kantong kertas.

Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut. Tanpa disadari, lama-lama Anda akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontraksi pun akan melemas kembali. Perlu diketahui bahwa jangan menggunakan kantong plastik karena hal ini akan menempel di mulut dan hidung ketika mengambil napas.

  1. Duduk memeluk lutut

Alternatif lainnya yaitu dengan cara memeluk lutut untuk menghilangkan cegukkan. Langkah pertama, duduklah dengan posisi kaki ditekuk. Peluk lutut Anda sambil mencondongkan badan ke depan seperti akan meringkuk.

Tahan posisi ini selama kurang lebih 2 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.

  1. Minum air atau makan makanan tertentu

Beberapa cara menghilangkan cegukan alternatif lainnya dengan cara makan atau minum sesuatu yang dinilai efektif untuk menghentikan cegukan, seperti:

  • Minum segelas air hangat tanpa berhenti
  • Minum segelas air dingin dengan perlahan
  • Kumur air dingin
  • Minum air dengan posisi tubuh membungkuk
  • Menelan sesendok gula pasir
  • Teteskan sedikit cuka di mulut
  • Letakkan irisan lemon di lidah, lalu isap seperti permen
  • Memakan selai kacang
  • Campurkan 1 sdm madu dalam segelas air hangat
     
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya