Simak, Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bekas jerawat yang menghitam sering kali membuat tidak percaya diri. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir jika memiliki bekas jerawat yang menghitam, karena ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa dicoba. 

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) atau hiperpigmentasi pasca inflamasi merupakan istilah medis yang mendeskripsikan bintik hitam yang disebabkan oleh jerawat atau jenis kerusakan inflamasi lainnya.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), bekas jerawat hitam akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, prosesnya bisa berbulan-bulan. Apalagi, jika jerawat tersebut sering disentuh atau dipencet.

Banyak Aktivitas Luar Ruangan, Ria Ricis Risih dengan Kulit Wajahnya yang Menghitam

Dirangkum dari berbagai sumber, yuk simak cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi berikut ini!

1. Vitamin C

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Sari lemon kaya akan kandungan vitamin C yang bisa mencerahkan serta meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti efektif untuk mengatasi agen penyebab hiperpigmentasi yang bisa menurunkan pembentukan melanin.

Karenanya, untuk mengatasi bekas jerawat yang gelap, kamu bisa mencoba produk perawatan kulit wajah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C.

2. Aloe vera

Kandungan yang menjadi favorit banyak orang untuk menenangkan kulit dan luka ini ternyata juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat hitam. Sebuah studi menunjukkan, penggunaan aloe vera secara rutin bisa meningkatkan produksi melanin di sel.

3. Gunakan tabir surya

Berdasarkan sebuah penelitian, pengobatan untuk menghilang bintik hitam apapun, termasuk yang disebabkan oleh jerawat, harus dimulai dengan penggunaan tabir surya secara rutin. Setidaknya, kamu harus memakai tabir surya dengan SPF 30 setiap harinya.

Meski hari sedang mendung, penggunaan tabir surya bisa mencegah kulit menjadi semakin rusak karena sinar matahari.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah atau kondisi kulit. Sebab, minyak ini mengandung antibakteri dan anti-inflamasi. Jika dikombinasikan dengan vitamin A dan K, serta antioksidan, campuran ini bisa mengobati luka dan menutrisi kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, aplikasikan minyak ini di area yang terinfeksi jerawat sebelum tidur. 

5. Baking soda

Soda kue merupakan eksfoliator efektif yang bisa membantu kulit tetap terhidrasi yang juga memiliki kandungan mencerahkan. Menggunakan baking soda secara rutin bisa membantu membersihkan pori-pori sekaligus menghilangkan bintik hitam.

Selain itu, baking soda juga bisa menjaga keseimbangan tingkat keasaman kulit (pH) yang bisa mencegah jerawat. Untuk menggunakannya, buatlah campurlah baking soda dan air hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada bekas jerawat dan diamkan selama 10-15 menit.

Itulah 5 cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa kamu coba di rumah. Saat mencobanya, pastikan kulit tidak menimbulkan reaksi tertentu sebelum mencoba untuk yang kedua kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya