6 Alasan Mengapa Payudara Sering Gatal

Payudara gatal
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Apakah Anda mengalami gatal-gatal di sekitar payudara? Jika ya, Anda harus segera memberi perhatian. Ada berbagai alasan mengapa payudara gatal dan merah. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Meskipun kabar baiknya adalah, memiliki payudara yang gatal bukanlah masalah besar. Pertumbuhan kembali rambut, terbakar sinar matahari, gigitan serangga, bra ketat, kulit kering dan penyembuhan luka adalah beberapa dari banyak alasan mengapa payudara Anda gatal.

Berikut adalah beberapa alasan utama di balik payudara gatal, dikutip dari Times of India:

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Tidak mencuci bra secara teratur

Tidak mencuci bra secara teratur dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika Anda memiliki luka pada atau di sekitar payudara, itu bisa terinfeksi juga setelah bersentuhan dengan bra yang tidak dicuci, yang mungkin mengandung bakteri.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Cuci bra Anda secara teratur. Jika Anda berolahraga memakainya, cucilah dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran dan keringat.

Terbakar sinar matahari 

Payudara sensitif terhadap sinar matahari dan karenanya bertelanjang dada dapat menyebabkan iritasi kulit. Ini juga dapat menyebabkan kulit terbakar, menyebabkan rasa gatal yang hebat. 

Ruam panas yang disebabkan oleh sinar matahari juga dapat menyebabkan rasa gatal pada payudara. Ini dapat menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit, menghalangi pori-porinya.

Menggunakan sabun dan deterjen yang salah

Menggunakan sabun yang keras untuk mandi dan deterjen untuk cucian juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 
Identifikasi zat yang menyebabkan alergi Anda dan hindari. Jemur bra Anda di bawah sinar matahari meskipun sudah benar-benar kering di mesin cuci.

Tidak memilih bahan bra yang tepat

Kain yang tidak dapat bernapas juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Bra dibuat dengan semua jenis kain dan beberapa bisa sangat gatal untuk payudara. Pastikan ukuran, bahan, dan bentuk bra pas dengan Anda. Jadi, berhati-hatilah dan luangkan waktu dalam memilih bra yang tepat, dengan mengingat fakta-fakta di atas.

Kehamilan atau menyusui

Ilustrasi menyusui/ASI.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kehamilan diikuti dengan menyusui, yang mengubah bentuk dan ukuran payudara dan selanjutnya menyebabkan payudara dan puting terasa gatal. Proses menyusui menyebabkan kulit kering dan teriritasi serta puting pecah-pecah dan berdarah. 
Mengenakan bra yang tepat dan melembabkan kulit dapat membantu. Meskipun kemungkinannya sangat suram, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, itu bisa menjadi tanda kanker payudara.

Eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan peradangan serta kulit kering dan gatal. Itu bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk payudara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya