Studi: Mengelola Asma Dapat Mengurangi Keparahan COVID-19

Ilustrasi asma.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Penderita asma yang mampu mengendalikan penyakitnya kemudian terkena COVID-19 ternyata tingkat keparahannya akan lebih rendah, dibandingkan dengan yang tidak bisa mengontrol asmanya, kata sebuah studi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Temuan yang dipublikasikan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, menyarankan bahwa pasien asma - terutama mereka yang membutuhkan perawatan klinis - harus terus minum obat asma mereka selama pandemi COVID-19.

"Siapa pun dengan asma harus terus bekerja dengan penyedia layanan kesehatan mereka untuk memastikan mereka mendapatkan pengobatan terbaik untuk asma mereka, yang mengarah pada kontrol asma yang lebih baik dan mengurangi kemungkinan hasil COVID-19 yang parah," kata Zhanghua Chen, Asisten Profesor populasi dan ilmu kesehatan masyarakat di Keck School of Medicine dari University of Southern California.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Vaksin COVID-19

Photo :
  • Times of India

Dikutip dari Times of India, peneliti mengumpulkan data 61.338 pasien COVID-19 menggunakan rekam medis elektronik dari Kaiser Permanente Southern California mulai 1 Maret hingga 31 Agustus 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kode medis digunakan untuk menentukan apakah pasien ini menderita asma atau penyakit paru obstruktif kronik sebelum diagnosis COVID-19 mereka.

Para peneliti juga memisahkan data lebih lanjut, dengan kelompok "aktif" menghitung pasien yang memiliki kunjungan klinis asma dalam 12 bulan terakhir dan kelompok "tidak aktif" menghitung mereka yang tidak.

Pasien dalam kelompok asma aktif memiliki kemungkinan rawat inap yang lebih tinggi secara signifikan, kebutuhan akan dukungan pernapasan intensif dan masuk ICU dalam waktu 30 hari setelah diagnosis COVID-19 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat asma atau PPOK.

Khususnya, para peneliti tidak melihat kemungkinan kematian yang lebih tinggi dalam 60 hari untuk kelompok asma aktif.

"Penelitian ini lebih dari sekadar memeriksa dampak asma pada hasil COVID-19 dan sebaliknya berfokus pada bagaimana hasil COVID-19 dapat berubah untuk pasien asma tergantung pada tingkat kontrol asma mereka," kata Anny H Xiang dari Kaiser Permanente Southern California Department of Research dan Evaluasi.

"Kami juga melihat bahwa bahkan pada pasien dengan asma aktif, jika mereka menggunakan obat asma, peluang mereka untuk memperburuk hasil COVID-19 menurun, yang menunjukkan betapa pentingnya obat ini," kata Xiang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya