Ampuh! Ini Obat Sakit Gigi Berlubang Alami Tanpa Bahan Kimia

Ilustrasi sakit gigi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Obat sakit gigi berlubang merupakan salah satu cara yang kerap dicari oleh masyarakat di Indonesia. Jika tidak diatasi atau diperiksa ke dokter, maka sakit gigi akan semakin tidak tertahankan. Selain dengan pergi ke dokter, kamu juga bisa mengobati gigi berlubang dengan cara alami.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Gigi berlubang disebabkan oleh infeksi bakteri. Seiring berjalannya waktu, zat asam yang diproduksi oleh bakteri akan merusak lapisan gigi sehingga masalah kesehatan tersebut dialami kamu. Cara utama yang perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan menjaga kebersihan gigi.

Contohnya dengan cara mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, rutin sikat gigi sebelum dan sesudah tidur, rajin memakai benang gigi, dan menggunakan obat kumur. Nah, apabila gigi berlubang sudah terjadi pada Anda, cobalah untuk mengurangi rasa sakitnya dengan mencoba beberapa bahan alami berikut.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Obat sakit gigi berlubang alami

Garam

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Ilustrasi garam.

Photo :
  • U-Report

Garam mengandung antiseptik dan antibakteri yang sering digunakan sebagai bahan tradisional. Anda dapat menggunakan garam sebagai obat kumur untuk mengurangi rasa nyeri, infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri di mulut.

Caranya dengan melarutkan 1 sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur-kumur air tersebut selama satu menit. Kemudian fokuskan kumur-kumur pada bagian gigi yang berlubang. Anda dapat menggunakan cara ini selama 3 kali sehari hingga gejala mereda.

Cengkeh

Cengkeh.

Photo :
  • U-Report

Kandungan antiperadangan, analgesik, dan antibakteri pada cengkeh merupakan salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Tidak hanya itu, cengkeh juga berguna untuk mengurangi rasa sakit dan juga penyebaran gigi berlubang.

Caranya cukup melarutkan 2 sampai 3 tetes minyak cengkeh dan ¼ sendok teh minyak wijen. Kemudian celupkan kapas dan tempelkan pada gigi berlubang. Lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur untuk hasil maksimal.

Teh hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Cara yang kedua adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau dapat mencegah kemunculan plak pada gigi Anda, sehingga akan menjaga Kesehatan pada gigi dan mulut. Caranya pun sangat mudah, cukup membuat minuman teh seperti biasa kemudian bisa ditambahkan dengan madu atau perasan air lemon.

Bawang putih

Bawang putih untuk obat.

Photo :
  • vstory

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan sangat direkomendasikan untuk digunakan pada gigi berlubang. Selain itu, gigi berlubang juga dapat meredakan rasa nyeri dan juga menjaga gigi lebih sehat. Caranya cukup sediakan 3 sampai 4 siung bawang putih dengan ¼ sendok teh garam. Oleskan pada gigi yang berlubang dan diamkan selama 10 menit. Lalu berkumur dengan menggunakan obat kumur.

Lemon

Lemon

Photo :
  • stardaily

Lemon banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami. Lemon mengandung asam sitrat yang mampu meredakan rasa sakit. Caranya pun sangat mudah, cukup kunyah irisan lemon selama beberapa menit. Usahakan untuk menggunakan gigi yang sedang sakit. Setelah itu, kumur-kumur menggunakan air bersih.

Kunyit

Kunyit.

Photo :
  • U-Report

Kandungan vitamin C pada kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan. Selain itu, kunyit juga memiliki manfaat untuk Kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang akibat bakteri. Cara menggunakannya dengan menggeprek kunyit sampai bubuk atau bisa dengan memakai kunyit bubuk di toko. Biarkan selama beberapa menit kemudian kumur-kumur dengan air bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya