Studi: Beberapa Obat Diabetes Dapat Mengurangi Risiko Alzheimer

Diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sebuah studi baru telah menemukan bahwa orang yang memakai obat tertentu untuk menurunkan gula darah untuk diabetes tipe 2 memiliki lebih sedikit amiloid di otak, biomarker penyakit Alzheimer. Temuan penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal 'American Academy of Neurology'.

Riwayat Penyakit Dorman Borisman, Sudah 5 Tahun Keluar Masuk RS

Studi ini juga menemukan orang yang memakai obat ini, yang disebut inhibitor dipeptidyl peptidase-4, menunjukkan penurunan kognitif yang lebih lambat daripada orang dalam dua kelompok lainnya. Pada penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak lagi efisien menggunakan insulin untuk mengontrol gula darah, demikian dikutip dari Times of India.

Dipeptidyl peptidase-4 inhibitor, juga dikenal sebagai gliptins, dapat diresepkan ketika obat diabetes lain tidak bekerja. Mereka membantu mengontrol gula darah bila dikombinasikan dengan diet dan olahraga.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

"Orang dengan diabetes telah terbukti memiliki risiko penyakit Alzheimer yang lebih tinggi, mungkin karena kadar gula darah tinggi, yang telah dikaitkan dengan penumpukan amiloid-beta di otak," kata penulis studi Phil Hyu Lee, MD, PhD. , dari Fakultas Kedokteran Universitas Yonsei di Seoul, Korea Selatan.

Ia menambahkan, "Penelitian kami tidak hanya menunjukkan bahwa orang yang memakai inhibitor dipeptidyl peptidase-4 untuk menurunkan kadar gula darah memiliki lebih sedikit amiloid di otak mereka secara keseluruhan, itu juga menunjukkan tingkat yang lebih rendah di area otak yang terlibat dalam penyakit Alzheimer," tambah Lee.

Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong

Penelitian tersebut melibatkan 282 orang dengan usia rata-rata 76 yang ditindaklanjuti hingga enam tahun. Semua telah didiagnosis dengan penyakit Alzheimer pra-klinis, awal atau kemungkinan.

Alzheimer atau pikun

Photo :
  • inmagine

Dari kelompok tersebut, 70 orang menderita diabetes dan sedang dirawat dengan inhibitor dipeptidyl peptidase-4, 71 menderita diabetes tetapi tidak diobati dengan obat-obatan dan 141 tidak menderita diabetes.

Lebih rendah

Mereka yang tidak menderita diabetes dicocokkan dengan mereka yang menderita diabetes berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. Semua memiliki skor yang sama pada tes kognitif pada awal penelitian. Peserta menjalani pemindaian otak untuk mengukur jumlah amiloid di otak.

Para peneliti menemukan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi obat memiliki jumlah rata-rata plak amiloid di otak yang lebih rendah dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak mengonsumsi obat dan dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

Semua peserta mengambil tes pemikiran dan memori umum yang disebut Ujian Mini-Mental State (MMSE) rata-rata, setiap 12 bulan selama 2,5 tahun. Pertanyaan termasuk meminta seseorang untuk menghitung mundur dari 100 dengan tujuh atau menyalin gambar di selembar kertas. Skor pada tes berkisar dari nol sampai 30.

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan diabetes yang menggunakan obat mengalami penurunan tahunan rata-rata 0,87 poin pada skor MMSE mereka, sementara orang dengan diabetes yang tidak menggunakan obat mengalami penurunan tahunan rata-rata 1,65 poin. Orang tanpa diabetes mencetak penurunan tahunan rata-rata 1,48 poin.

Ketika peneliti menyesuaikan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi nilai tes, mereka menemukan bahwa skor orang yang memakai obat turun 0,77 poin per tahun lebih lambat daripada orang yang tidak memakai obat.

"Hasil kami menunjukkan lebih sedikit amiloid di otak orang yang memakai obat ini dan penurunan kognitif yang lebih sedikit, jika dibandingkan dengan orang tanpa diabetes meningkatkan kemungkinan bahwa obat ini juga bermanfaat bagi orang tanpa diabetes yang memiliki masalah berpikir dan ingatan," kata Lee.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan apakah obat ini mungkin memiliki sifat neuroprotektif pada semua orang," ujar Lee.

Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa data tidak tersedia untuk menunjukkan akumulasi amiloid di otak peserta dari waktu ke waktu. Studi ini tidak menunjukkan sebab dan akibat. Itu hanya menunjukkan asosiasi.

Studi ini didukung oleh Institut Pengembangan Industri Kesehatan Korea dan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya