Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

photo tooth
Sumber :

VIVA – Seiring bertambahnya usia perubahan pada warna gigi akan terjadi. Perubahan warna yang terjadi pada gigi bermula berwarna putih cerah, lambat laun menjadi warna kekuningan atau warna lebih gelap di beberapa bagian pada gigi kamu. 

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Memiliki gigi yang putih cerah dan bersih dapat meningkatkan rasa percaya diri khususnya ketika kamu sedang berhadapan dengan orang lain. Bahkan tidak sedikit orang yang ingin mempunyai gigi yang putih cerah dan bersih mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perawatan khusus pada gigi.

Gigi juga menjadi salah satu penampilan penting pada diri kamu. Itulah sebabnya banyak yang mencari cara memutihkan gigi dengan cara alami maupun perawatan medis.

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Penyebab Gigi Kuning

Sebelum mengetahui cara memutihkan gigi kuning secara alami, kamu harus tahu penyebab terjadinya gigi menjadi kuning atau warnanya lebih gelap. Ada beberapa penyebab gigi kamu menjadi kuning atau bahkan terlihat kotor. Berikut beberapa penyebab gigi menjadi kuning.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
  1.  Merokok terlalu sering
  1.  Mengkomsumsi kopi dan teh
  1.  Mengkomsumsi alkohol
  1.  Terlalu banyak makan permen atau hal manis lainya
  1.  Malas menggosok gigi di pagi dan malem hari
  1.  Adanya penyakit tertentu

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips/cara memutihkan gigi kuning secara alami, dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat kamu temui di rumah kamu. Simak dan pahami pembahasannya!

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Ada beberapa cara yang mudah di dapatkan dan di lakukan di rumah untuk memutihkan gigi secara alami dan bisa di lakukan setiap hari. Berikut ini caranya:

  1.  Menjaga Kebersihan pada Mulut dan Gigi Kamu.

 Menyikat gigi minimal 2 kali sehari pada waktu pagi dan malam hari salah satu cara memutihkan gigi secara sederhana. Manfaat rajin menggosok gigi adalah akan mencegah menempelnya noda dan menghilangkan plak pada gigi kamu. Perlu diingat untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, sebab hal tersebut dapat melemahkan dan menghilangkan enamel atau email gigi.

  1.  Menggunakan Baking Soda.

Baking soda yang banyak orang ketahui adalah salah satu bahan membuat kue ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu bisa memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda mampu mengangkat noda pada gigi kuning. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa menyikat dengan baking soda biasa akan memutihkan gigi.

Namun, studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Dentistry menemukan, pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi tanpa baking soda. Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup digosokan ke bagian gigi. Kemudian diamkan sekitar 3 - 5 menit setelah itu kamu bisa berkumur-kumur.

  1.  Berhenti Merokok.

Merokok adalah salah satu penyebab gigi menjadi kuning, tembakau pada rokok merupakan salah satu noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Noda tersebut akan menembus enamel gigi. Semakin kamu sering merokok maka noda tembakau akan masuk semakin menumpuk dan membuat gigi kamu menjadi kuning dan terlihat kotor, sehingga dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

  1. Menggunakan Garam.

Cara memutihkan gigi dengan garam ternyata menjadi cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Garam memiliki sifat antimikroba, selain itu garam ini akan memiliki tindakan abrasif lembut dan dapat membantu membersihkan serta memutihkan gigi Anda. Caranya dengan melarutkan garam pada air kemudia berkumur-kumur setiap hari. Bahkan kandungan antibakteri yang terdapat di dalam garam juga dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

  1. Buah Stroberi.

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang dapat memutihkan dan mencerahkan pada gigi kamu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry menunjukkan, kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu. 

Caranya adalah ambil stroberi dan masukkan ke dalam mangkuk, kemudian haluskan secara merata, kemudian lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu membersihkan gigi. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Nah itulah beberapa cara memutihkan gigi dengan cara dan bahan yang mudah di dapatkan di sekitar kamu, dengan cara ini kamu akan mendapatkan gigi putih cerah dengan budget yang jauh lebih murah di bandingkan dengan perawatan khusus medis, semoga tips/cara bermanfaat untuk kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya