5 Pengobatan Rumahan untuk Meredakan Gatal dan Terbakar pada Vagina

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Musim hujan adalah musim yang paling umum ketika wanita menderita gatal-gatal, kekeringan dan terbakar pada vagina. Meskipun tanda-tanda ini biasanya bukan simbol dari sesuatu yang serius, itu tidak berarti bahwa ini harus diabaikan. 

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Gatal dan kekeringan pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur, atau eksim. Menggunakan sabun keras dan sabun mandi juga dapat mengiritasi kulit di sekitar vulva dan menyebabkan masalah tersebut.

Terkadang gatal dan kekeringan disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di dalam dan sekitar vagina, yang bisa membuat Anda tidak nyaman. Untuk menghentikan gatal pada vagina, seseorang perlu menjaga kebersihan yang tepat. Namun, ada juga beberapa pengobatan rumahan yang dapat meredakan gejala nyeri dikutip Times of India.

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Yogurt dan madu

Ilustrasi gambar madu manuka.

Photo :
  • U-Report
Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Sifat prebiotik yoghurt membantu dalam mengobati gatal dan terbakar pada vagina. Yogurt bila dikombinasikan dengan madu dapat membantu dalam dua cara - pertama, sifat anti-inflamasi madu dan efek menenangkan dari yogurt membantu Anda menghilangkan iritasi dan kedua senyawa probiotik dalam yogurt dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan bakteri, mengurangi risiko infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Anda dapat mencampur yogurt dan madu dan mengkonsumsinya sekali sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina. Atau bisa juga mengoleskannya dua kali ke vagina untuk melihat hasil yang cepat. 

Cuka sari apel

Cuka apel

Photo :
  • Times of India

Cuka sari apel tidak kurang dari ramuan ajaib. Hampir tidak ada yang tidak bisa diobati ACV. Sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dari ACV bekerja sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan terbakar pada vagina. Ini menyeimbangkan pH vagina dan kulit. Ini juga membantu dengan menyeimbangkan flora vagina.

Anda bisa minum satu sendok teh ACV dengan segelas air atau bisa menambahkan setengah cangkir ke air mandi. Jangan menggunakannya dalam bentuk pekat karena dapat menyebabkan buring yang parah.

Minyak pohon teh

Sifat anti-jamur, antibakteri dan anti-virus dari minyak pohon teh membuatnya efektif untuk mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina. Ambil 2-3 tetes minyak pohon teh di jari-jari Anda dan oleskan ke kulit luar vagina Anda. Ini akan membantu membunuh ragi apa pun.

Daun basil

Basil adalah ramuan yang populer digunakan, yang mengandung eugenol yang membantu mematikan ujung saraf. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan anti-jamur, yang dapat membantu mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina.

Rebus beberapa daun basil dalam air. Sekarang biarkan air dingin dan bilas vagina Anda dengan itu 2-3 kali sehari.

Kompres dingin

Jika Anda merasa terlalu gatal, kompres dingin dapat meredakannya secara instan. Kompres dingin membantu dengan mematikan rasa gatal, sehingga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Ambil beberapa es batu dan bungkus dengan kain katun bersih. Tempatkan kompres es di area yang terkena selama beberapa menit. Anda dapat mengulangi ini 3-4 kali sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya