Mengganggu, Ini 5 Cara Atasi Kebiasaan Mendengkur

Ilustrasi mendengkur.
Ilustrasi mendengkur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mendengkur atau ngorok menjadi salah satu hal yang umum terjadi pada orang dewasa. Sekitar 45 persen orang dewasa normal yang mendengkur setidaknya sesekali.  

Mendengkur terjadi ketika udara mengalir melalui tenggorokan saat kamu bernapas dalam tidur. Hal ini menyebabkan jaringan di tenggorokan rileks dan bergetar, sehingga timbulah suara dengkuran yang keras dan menjengkelkan.

Otolaryngologist dan ahli mendengkur di Capital Otolaryngology di Austin, Texas, Slaughter, MD, menjelaskan bahwa tidak hanya mendengkur sebagai gangguan, tetapi 75% orang yang mendengkur mengalami apnea tidur obstruktif (ketika pernapasan terganggu selama tidur untuk waktu yang singkat), yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Lantas bagaimana cara mengatasi mendengkur? Dilansir dari laman webmd berikut ini lima tips mengatasi mendengkur. 

1. Ubah posisi tidur

Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak Anda runtuh ke dinding belakang tenggorokan Anda, hal inilah yang menyebabkan suara bergetar saat tidur. Maka dari itu ubah posisi tidur Anda dengan miring. Tidur miring diketahui dapat membantu mencegah hal ini. 

“Bantal badan (bantal panjang penuh yang menopang seluruh tubuh Anda) memberikan cara yang mudah untuk mengatasinya," kata Slaughter.